25 C
Medan
Tuesday, November 30, 2021
spot_img

5 Putri Otonomi Daerah Masuk Sungai Situmandi, Saksikan Jeram Indah

Taput, MISTAR.ID

Lima orang finalis Putri Otonomi Daerah (POD), Senin (25/10/21) siang, memasuki Sungai Situmandi yang terletak di Kecamatan Tarutung, Kabupaten Taput, tepatnya di Kelurahan Partali Toruan.

Kelima putri itu adalah; Putri POD 2021 Mega Diana Zam Zam dari Kabupaten Tanggamus. Runner up 1 POD 2021 Putri Artita dari Kabupaten Berau. Runner up 2 POD 2021 Devi Purnamasari dari Kabupaten Bogor. Runner up 3 POD 2021 Jelita Gabriela dari Kabupaten Musi Banyuasin dan juara favorit POD 2021 Permata Eliza dari Kabupaten Dharmasraya.

Di Sungai Situmandi, mereka menyaksikan jeram-jeram indah dan menantang. Sungai ini sendiri masuk dalam grade 4 di Sumut; istilah dalam olahraga arung jeram, setengah level di bawah Sungai Asahan.

Baca Juga:Satika Simamora Sambut 5 Duta Finalis Putri Otonomi Daerah 2021

Di sana, mereka juga menyaksikan aksi dan ketangkasan para rafter saat melintas mengarungi jeram Sungai Situmandi. Saat ini, Pemkab Taput bersama Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Taput sudah melengkapi sejumlah sarana dan prasarana di lintasan dan di rest area.

“Kami sangat  kagum terhadap sejumlah destinasi yang kami kunjungi meskipun masih sangat diperlukan pembenahan lagi di sisi sungai. Ibarat sebagai endorse, kami akan ikut mempromosikan daerah ini,” kata Jelita Gabriela, salah seorang putri dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Sebelumnya, kelima putri yang didampingi Ketua TP PKK Taput Satika Simamora dan 5 orang putra-putri Bonapasogit yakni Fajar Arminja, Febi Aritonang, Clara Simanjuntak, Cinta Hutauruk dan Gerald Tobing telah mengunjungi objek wisata air panas Sipoholon, air soda di Parbubu Tarutung, lokasi air panas Hutabarat, bantaran sungai di Tanggul Aek Sigeaon Tarutung, objek wisata Salib Kasih, arung jeram Sungai Situmandi dan galeri UMKM yang berlokasi di lantai satu Gedung Kesenian Solo Partungkoan Tarutung.

Baca Juga:Gadis Cantik Asal Galang Raih Juara I Lomba Putri Terbaik Tingkat Sumut

Satika Simamora menjelaskan, kedatangan kelima Putri Otonomi akan menambah gedoran dari sisi promosi terhadap kekayaan alam dan destinasi pariwisata daerah.

“Dari semua aspek, kita akan terus jor-joran mempromosikan potensi daerah ini,” kata Satika.

Tiara Purnamasari, Kepala Divisi Kerja Sama dari Apkasi sekaligus sebagai pimpinan rombongan, menyampaikan decak kagum atas sejumlah destinasi yang mereka kunjungi.

Baca Juga:Hebat! Remaja Putri 10 Tahun dengan IQ di Atas Einstein, Kuliah 2 Jurusan dan Ingin ‘Taklukkan’ Mars

“Wah hebat, Taput destinasi wisatanya banyak. Dan masih banyak perlu publikasi, supaya banyak yang ke sini,” katanya.

Ia juga sangat menyayangkan jika masih banyak wisata domestik yang tidak menjadikan Taput sebagai destinasi wisata.

“Selain promosi secara individu, memang medsos dan pers adalah kekuatan dalam promosi,” tandas Tiara. (Jan Piter/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: