7.8 C
New York
Friday, April 19, 2024

Wapres Resmi Buka Peparnas di Stadion Mandala Papua

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi membuka Pesta Olahraga Nasional (Peparnas) ke-16 di Stadion Mandala Kota Jayapura, Jumat (5/11/21) malam dan menyebut seluruh atlet peserta sebagai inspirasi dan energi bangsa.

“Kalian semua adalah obor yang mengobarkan semangat berprestasi dan pantang menyerah. Berbagilah jiwa untuk tidak pernah takut gagal. Sebaliknya, kesuksesan menanti kalian semua,” ujarnya.

Wakil Presiden Amin meminta para atlet yang berlaga di Papua Para Games menunjukkan dan menjaga semangat olahraga.

Acara grand opening cabang olahraga yang diikuti 1.935 atlet dan 740 ofisial se-Indonesia ini juga disiarkan di kanal Youtube Peparnas.

Baca juga:Wali Kota Bobby Lepas 32 Atlet Peparnas Medan ke Papua

Seperti diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, acara pembukaan tersebut menampilkan pertunjukan cahaya yang melibatkan 500 drone. Serta disambut dengan pertunjukan musik oleh penyanyi populer, termasuk Anggun dan Nowela.

Menurut Amin, Peparnas bukan sekadar kompetisi olahraga. Acara tersebut merupakan salah satu cara untuk membuktikan semangat kesetaraan juga kesamaan.

“Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama bangsa Indonesia yang tercermin dari semboyan satu hati meraih cita-cita dan meraih prestasi,” kata Wapres.

Pemerintah telah membuktikan komitmennya untuk memberikan perlakuan yang sama kepada setiap warga negara Indonesia, tambahnya.

“Pak Presiden (Joko Widodo) juga sudah meminta saya untuk membuka Peparnas ini sedangkan Pak Presiden sendiri nanti yang akan menutup acara tersebut,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo tiba di Jakarta pada Jumat pagi dari kunjungan kerjanya ke Eropa dan Timur Tengah.

Baca juga:Wabup Deli Serdang Lepas Atlet dan Pelatih Ikuti Peparnas XVI di Papua

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Presiden Widodo akan menjalani karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, setibanya di Indonesia.

Papua kembali menjadi sorotan media sebagai tuan rumah Para Games Nasional (Peparnas) ke-16. Ia sukses menggelar Pesta Olahraga Nasional (PON) ke-20 pada 2-15 Oktober 2021.(antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles