10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Tekuk Napoli 1-0, AC Milan Kudeta Pucuk Klasemen Liga Italia

Naples, MISTAR.ID

AC Milan kembali ke puncak klasemen Liga Italia menggusur Inter Milan usai meraih poin penuh di markas Napoli dengan skor tipis 1-0 di Stadion Diego Armando Maradona, Senin (7/3/22) dini hari WIB. Gol tunggal yang dicetak Oliver Giroud di menit ke 49, tak mampu dibalas Napoli hingga laga usai.

Milan kini mengantongi 60 poin. Sedangkan Napoli ada di posisi ketiga dengan 57 poin. Amir Rrahmani punya kesempatan mengancam gawang Milan di menit ke-2, tetapi ia gagal memaksimalkan umpan silang Matteo Politano, sehingga tembakannya melenceng dari sasaran.

Napoli lebih mendominasi bola, tetapi baru di menit ke-20 mereka kembali memberi tekanan berarti, saat tembakan Victor Osimhen di kotak penalti juga gagal menghasilkan gol. Milan coba memberi perlawanan. Rafael Leao melepaskan tembakan jarak jauh ke sudut kanan gawang di menit ke-28, namun kiper Napoli David Ospina mampu menghalaunya. Dua menit kemudian, percobaan serupa dari Sandro Tonali meleset.

Baca juga: Hancurkan Lazio 4 Gol Tanpa Balas, AC Milan Rebut Tiket Semi Final Coppa Italia

Setelah kedua tim gagal mencetak gol di babak pertama, Milan mampu unggul duluan di babak kedua. Menit ke-49, Davide Calabria memanfaatkan bola liar di depan kotak penalti Napoli dengan maksud melepaskan tembakan mendatar ke arah gawang Ospina.

Bola tersebut mengarah ke Olivier Giroud yang ada di depan gawang. Striker Prancis itu membelokkan arah tembakan, dan berhasil menjebol sudut kiri gawang Napoli. Rossoneri memimpin 1-0. Napoli coba membalas. Osimhen punya kans di menit ke-51 dari jarak jauh, namun tendangannya bisa diatasi kiper Milan, Mike Maignan.

Milan hampir saja menggandakan keunggulan di menit ke-55, tetapi sepakan Bennacer dari tepi kotak penalti ditepis Ospina. Semenit berselang, sundulan Fikayo Tomori dari situasi sepak pojok mudah diamankan kiper Kolombia itu. Napoli kesulitan mendapat peluang karena Milan mencoba melambatkan tempo. Ada peluang dari Eljif Elmas di menit ke-71, tetapi sepakan jarak jauhnya melebar, begitu pula dengan upaya Adam Ounas lima menit setelahnya.

Baca juga: Liverpool Gulung Inter Milan 2-0 di Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions

Sempat ada keributan di menit ke-76, berawal dari Osimhen yang tak senang dengan Theo Hernandez yang terjatuh saat duel berebut bola, dan mengangkat paksa bek Prancis itu dari tanah. Kedua pemain akhirnya mendapat kartu kuning dari wasit. Tekanan Napoli
semakin digencarkan. Pemain-pemain tipe menyerang seperti Dries Mertens dan Hirving Lozano pun dimasukkan menjelang akhir babak kedua, namun belum menemui hasil.

Serangan balik Milan melalui Hernandez sempat membahayakan Napoli di menit ke-85, tetapi Ospina memastikan gawangnya tak kebobolan lagi saat menepis tembakan dari sisi kiri kotak penalti. Tak ada gol yang tercipta hingga akhir laga. Milan menang 1-0, dan Napoli menelan kekalahan pertama di tahun 2022. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles