6.5 C
New York
Tuesday, March 26, 2024

Tatjana Schoenmaker, Raih Emas dan Cetak Rekor Dunia Renang Putri

Tokyo, MISTAR.ID

Olimpiade Tokyo 2020 kembali mencatat rekor baru di cabang olah raga renang gaya dada 200 meter putri setelah perenang Afrika Selatan, Tatjana Schoenmaker merebut medali emas dan mencetak rekor dunia yang telah bertahan selama 8 tahun terakhir.

Dalam perlombaan final, Schoenmaker bukan saja mendahului perenang Amerika Serikat Lilly King tetapi juga mematahkan rekor dunia yang sudah bertahan delapan tahun dengan catatan waktu 2 menit 18,95 detik. Ia juga menjadi perenang putri Afrika Selatan pertama yang meraih medali emas Olimpiade dalam seperempat dekade terakhir.

Mantan pelatih Schoenmaker di Universtias Pretoria, Linda de Jager, menyebut capaian anak didiknya itu bisa menjadi motivasi sekaligus pelatuk berakhirnya tren para perenang putri remaja menyudahi karier mereka selepas sekolah menengah atas.

Baca juga: Sunisa Lee, Pengungsi yang Jadi Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

“Saya pikir khususnya untuk para perenang remaja putri, mereka kini lebih termotivasi sebab kebanyakan bisanya berhenti sesudah level sekolah menengah atas,” kata De Jager sebagaimana dikutip dari media, Jumat malam tadi.

“Tatjana tampil di Olimpiade pertamanya dalam usia 24 tahun, memenangi medali emas dan memecahkan rekor, memperlihatkan semuanya bisa dicapai,” ujarnya menambahkan. Kekasih Schoenmaker, Ruan Ras, yang juga atlet renang mengaku sangat bersemangat menyaksikan pasangannya berjuang dalam perlombaan final di Tokyo.

“Rasanya semua surealis, hanya menonton perlombaan dan melihat sentuhannya serta keterangan rekor dunia muncul di televisi, sungguh perasaan yang amat sangat luar biasa,” katanya setelah beberapa putaran di kolam renang. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles