9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Taklukkan Van de Zandschulp, Nadal Lolos ke Perempat Final Wimbledon

London, MISTAR.ID

Rafael Nadal yang menjadi petenis unggulan kedua di turnamen Wimbledon semakin mendekati gelar Grand Slam dengan merebut tiket perempat final Wimbledon setelah mengalahkan petenis Belanda Botic van de Zandschulp dengan skor 6-4 6-2 7-6(6) di London, Senin waktu setempat.

All England Club, di mana petenis Spanyol itu memenangi dua dari 22 gelar turnamen major miliknya, menjadi tempat yang paling tidak menguntungkan bagi Nadal tetapi dia tiba setelah memenangi gelar Australian dan French Open berturut-turut untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Gelar Wimbledon ketiga dan yang pertama sejak 2010 di lapangan rumput dan kemenangan US Open akan membuat petenis asal Mallorca itu merebut gelar seluruh kalender Grand Slam — prestasi yang terakhir dicapai pada 1969 oleh petenis Australia Rod Laver.

Baca juga: Nadal Tundukkan Sonego ke Babak Keempat Wimbledon

Dia akan menghadapi unggulan ke-11 asal Amerika Taylor Fritz untuk memperebutkan satu tempat di semifinal, Jumat.

“Berada di perempat final di Wimbledon setelah tiga tahun tidak bermain di sini, itu luar biasa bagi saya. Sangat, sangat bahagia. Ini merupakan pertandingan yang bagus secara umum melawan pemain yang sulit. Saya pikir pemain yang sangat bagus.” kata Nadal dikutip dari media.

Nadal bermain dan menang di Roland Garros dengan suntikan penghilang rasa sakit dan mengkonfirmasi partisipasinya di All England Club setelah perawatan frekuensi radio meredakan rasa sakit di kakinya.

Memainkan turnamen pertamanya di lapangan rumput sejak kekalahannya di semifinal Wimbledon 2019 dari Roger Federer, petenis Spanyol itu menunjukkan sedikit kesulitan menyesuaikan diri dengan permukaan lapangan.

“Saya pikir saya (melakukan) upaya besar untuk berada di sini. Dibutuhkan banyak upaya mental dan fisik untuk mencoba memainkan turnamen ini setelah hal-hal yang saya lalui beberapa bulan terakhir,” ujar Nadal.

Baca juga: Djokovic Bentrok Jannik Sinner di Perempat Final Wimbledon

“Tetapi seperti yang semua orang tahu, Wimbledon adalah turnamen yang sangat saya sukai. Sudah tiga tahun tidak bermain di sini. Saya sangat ingin kembali. Itulah yang saya lakukan. Jadi itulah mengapa sangat berarti bagi saya untuk berada di perempat final,” katanya setelah merasa permainannya secara keseluruhan meningkat dari hari ke hari.

“Selalu sama di sini. Ini bukan tentang seberapa dekat saya dengan level ini. Saya tidak tahu itu. Saya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi,” kata Nadal.

“Tetapi hal positifnya adalah dua pertandingan pertama tidak bagus. Kemudian dua hari lalu saya bermain di level tinggi untuk pertama kalinya. Dan hari ini sebagian besar pertandingan, sekali lagi, di level yang sangat positif.”

Nadal mendominasi jalannya pertandingan dari awal hingga akhir di babak keempat dengan sedikit goyang di akhir pertandingan. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles