8.8 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Taklukkan Barcelona 3-2, Athletic Bilbao Kunci Tiket Perempat Final Copa Del Rey

Bilbao, MISTAR.ID

Barcelona terpaksa gigit jari setelah langkahnya dihentikan Athletic Bilbao 3-2 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Raja (Copa del Rey) di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Jumat. Kemenangan ini juga memastikan Bilbao mengunci tiket terakhir ke babak
perempat final, demikian catatan laman resmi media.

Bilbao sempat dua kali unggul terlebih dahulu berkat gol Iker Muniain dan Inigo Martinez. Barcelona juga berhasil dua kali menyamakan kedudukan lewat gol perdana Ferran Torres dan Pedri. Kapten Iker Muniain menjadi pahlawan Bilbao setelah mencetak gol kemenangan melalui tendangan penalti. Athletic Bilbao lolos ke perempat final Copa del Rey setelah Mallorca, Cadiz, Rayo Vallecano, Valencia, Real Betis, Real Sociedad dan Real Madrid.

Laga baru berjalan dua menit, Athletic Bilbao sudah berhasil membuka keunggulan lewat tembakan melengkung yang dilepaskan Muniain ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau Marc-Andre ter Stegen. Skor menjadi 1-0.

Baca juga: Kubur Mimpi Atletico 2-1, Bilbao Tantang Real Madrid di Final Super Spanyol

Meski kebobolan gol cepat, Barcelona tidak mau terburu-buru membangun serangan dan usaha mereka membuahkan hasil.Gol penyama kedudukan Barcelona tercipta pada menit ke-20. Ferran Torres mencetak gol perdananya untuk Barca. Pemain timnas Spanyol itu melepas tembakan melengkung ke tiang jauh dari dalam kotak penalti, yang tidak
bisa dihentikan kiper Julen Agirrezabala. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Selepas istirahat, Xavi melakukan pergantian pemain. Abdessamad Ezzalzouli ditarik keluar dan digantikan Nico Gonzalez.Tempo permainan di awal babak kedua ini sedikit menurun dibandingkan babak pertama, dengan Kedua tim kini tampil lebih berhati-hati. Pada menit ke-84, Inaki Williams memperoleh peluang emas setelah umpan silangnya justru mengarah langsung ke gawang Ter Stegen. Sayang, bola masih mengenai mistar.

Dua menit berselang, Bilbao akhirnya sukses kembali memimpin berkat gol Inigo Martinez. Berawal dari situasi tendangan bebas, bola liar sukses disambar Martinez dari jarak dekat untuk membobol gawang tim tamu. Bilbao unggul 2-1. Beberapa menit setelah gol itu, Bilbao kembali mencetak gol lewat sontekan Alex Berenguer. Namun, kali ini gol tersebut dianulir wasit karena Berenguer sudah berdiri dalam posisi offside.

Hanya beberapa saat sebelum masa injury time berakhir, Barcelona sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Pedri di kotak penalti setelah mendapatkan umpan
akrobatik dari Dani Alves. Kedudukan menjadi 2-2. Gol tersebut memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan. Di babak tambahan, Barcelona harus menarik keluar Ansu Fati, yang baru masuk di babak kedua, karena mengalami cedera dan terpaksa digantikan Sergino Dest.

Baca juga: Tekuk Barcelona 3-2, Madrid Lolos ke Final Piala Super Spanyol

Menjelang paruh pertama extra time berakhir, Bilbao mendapat hadiah penalti usai VAR menganggap Jordi Alba melakukan handball di kotak terlarang ketika mencoba mengalangi umpan silang Nico Williams. Muniain yang maju menjadi algojo pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Bilbao kini kembali memimpin dengan skor 3-2.

Di paruh kedua, Barcelona sempat mencetak gol lewat tembakan Ferran Torres. Namun, hakim garis lebih dahulu mengangkat bendera tanda terjadinya offside. Tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim di sisa laga. Skor 3-2 untuk kemenangan Bilbao pun menjadi hasil akhir pertandingan ini.(ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles