12.3 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Sumut Bakal Pertandingkan 34 dari 67 Cabor di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 akan digelar di Sumut-Aceh dan sebanyak 67 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan dalam event akbar empat tahunan tersebut.  Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) Jhon Ismadi Lubis memastikan, Sumut akan mempertandingkan 34 dari 67 Cabor yang ada.

Jhon mengatakan, 34 Cabor itu dipertandingkan di Sumut karena tidak memiliki fasilitas khusus, misalnya beladiri yang bisa dimana saja dibuat. Menurutnya, untuk mempertandingkan Cabor beladiri hanya membutuhkan gedung, lalu matras dan persyaratan membuat gedungnya juga tidak sulit.

“Tapi kita juga mempertandingkan Cabor yang memiliki fasilitas lengkap, contohnya atletik yang akan dibangun di Desa Sena. Saat ini sudah tender, tinggal nunggu pemenang. Tahun ini akan mulai pembanguan, mungkin satu tahun selesai,” ujar Jhon saya ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/9/22).

Baca juga: Sumut Targetkan 250 Atlet Elit untuk PON 2024

Dalam beberapa rapat yang digelar bersama Pemrov Sumut dan pihak terkait, kata Jhon, ada tiga kesiapan yang akan dilakukan. Pertama sarana dan pra sarana yang domainnya adalah pemerintah. Kedua panitia besar PON yang juga pemerintah dipimpin gubernur.

“Ketiga adalah peserta PON. Itulah tugas kami (KONI Sumut), mulai dari pembinaan atlet, menggelar Pelatda menuju sukses PON 2024,” ucapnya.

Jhon mengungkapkan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga sudah menyiapkan 5 sukses menyambut perhelatan PON 2024. Yaitu sukses penyelenggaraan, sukses peningkatan prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat, sukses pelaporan, sukses pemanfaatan venue yang dibangun.

“Sukses pemanfaatan venue ini, Gubsu berpesan agar tidak terbengkalai dan jangan jadi barang rongsokan ketika PON sudah selesai digelar,” sebutnya.

Baca juga: Gubernur Tantang Atlet Golf Sumut Borong Emas pada PON 2024

Jhon mengatakan, saat ini pihaknya sedang menuju lima tahapan itu. Sukses penyelenggaraan sudah dilakukan gubernur, dimana tiap minggu mereka dikumpulkan untuk melaporkan perkembangan sejauh mana kesiapan yang sudah dilakukan.

Untuk sukses prestasi, timpal Jhon, pihaknya sudah mempersiapkan Pelatda, diawali dari Pelatda 2021 dan Pelatda 2022. Jhon mengungkapkan, saat ini KONI Sumut telah memiliki 38 atlet (masuk 3 besar nasional) yang akan mengikuti PON 2024.

“Target kami sampai akhir tahun ini ada 150 atlet dan pada 2023 akhir, kita harus mendapatkan 250 atlet. 250 inilah kita labeli dengan atlet elit kita menyebutnya yang akan berjuang di seluruh Cabor yang akan diikuti,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles