8.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Sosialisasi DBON di Asahan, Langkah Pegiat Olahraga Proyeksikan Atlet Berkualitas

Asahan, MISTAR.ID

Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan.

Di Asahan, DBON baru tersosialisasikan sebagaimana arahan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk mengimplementasikan Perpres No 86 tahun 2021 tentang DBON sebagai pusat sentra pembinaan olahraga agar bisa menghasilkan atlet nasional berkualitas.

“Desain Besar Olahraga Nasional yang termasuk program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga terus disosialisasikan secara masif. Salah satu cara mempromosikan DBON adalah melibatkan seluruh stakeholder yang ada di daerah,” kata Nurkarim Nehe, moderator yang juga penggagas acara yang diinisiasi Inibabad, forum pembelajaran jurnalistik, di Gedung Juang Asahan, Selasa (26/4/22).

Baca juga: Sosialisasi DBON di Medan, Menpora: Sumut Banyak Sumbang Atlet Nasional

Nehe menjelaskan diskusi ini merespon program DBON yang dicanangkan pemerintah pusat pada Haornas 2021, di mana Asahan proaktif sudah merekomendasi cabang-cabang
olahraga DBON ke Pemerintahan Provinsi Sumut.

“Sebagai bagian masyarakat kita harus mengapresiasi hal ini, membantu menemukan peluang dan tantangan termasuk formula solutif,” ujar Nurkarim Nehe.

Sementara, pembicara utama diskusi ini Bupati Asahan Surya mengangkat tema diskusi ‘Tantangan dan Peluang DBON Kabupaten Asahan’ yang secara teknis disampaikan
Kadispora Asahan Witoyo dan Kabid Olahraga Taufik. Kemudian, Ketua SIWO PWI Sumut Jonny Ramadhan Silalahi secara virtual menyampaikan materi  “PON 2024 Pembuktian Potensi Sumut”. (perdana/hm09)

Related Articles

Latest Articles