9.9 C
New York
Friday, April 19, 2024

Vietnam dan Thailand ke Semifinal Piala AFF U-23

Jakarta, MISTAR.ID

Thailand berhak ke semifinal Piala AFF U-23 dengan menjadi runner up terbaik, meski mereka dikalahkan Vietnam dengan skor 0-1. Pertandingan kedua tim Grup C ini berlangsung di Stadion Prince, Selasa (22/2/22).

Vietnam krisis pemain saat menghadapi Thailand pada laga pemungkas Grup C Piala AFF U-23. Tim asuhan Dinh The Nam itu hanya memiliki 16 pemain, atau lima pemain cadangan. Mempunyai skuad yang terbatas tidak mengendurkan motivasi Vietnam dalam memetik tiga poin.

Thailand yang tampil dengan kekuatan terbaik memiliki kans unggul pada menit ketujuh. Hanya saja, tendangan kaki kiri Niphitphon Wongpanya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Trinh Xuan Hoang. Golden Star Warriors mencoba menyerang balik lewat tendangan Tran Bao Than dari luar kotak penalti, tetapi bisa ditepis kiper Narongsak Nueangwongsa.

Baca Juga:Dihajar Laos, Malaysia Tersingkir dari Piala AFF U-23

Pada menit ke-29, Vietnam bisa mencuri gol atas Thailand untuk unggul 1-0 lebih dahulu. Keunggulan Vietnam itu tercipta lewat tendangan bebas kaki kiri Tran Quang Thinh dari sisi kanan yang tidak bisa diantisipasi Narongsak. Thailand nyaris menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir. Akan tetapi, Teerasak Poeiphimai yang sudah di depan gawang gagal memanfaatkan peluang emas itu.

Peluang gol itu muncul lewat umpan silang Waris Choolthong dari sisi kanan. Hanya saja, eksekusi Teerasak menyambut umpan matang tersebut tisak semourna setelah tendangannya melayang di atas mistar gawang Vietnam.

Vietnam yang lebih memanfaatkan momentum dalam menyerang masih bisa merepotkan pertahanan Thailand. Aksi Tran Bao Toan pada menit ke-57 memberikan ancaman kepada lini belakang Gajah Perang, namun bisa diredam dan hanya membuahkan sepak pojok. Pada sepanjang permainan sejak babak pertama, sejumlah pemain Vietnam terlihat mudah terjatuh saat berduel dengan pemain Thailand.

Baca Juga:Dihantam Badai Covid-19, Indonesia Gagal ke Piala AFF U-23 2022

Thailand mendominasi permainan, namun kesulitan menciptakan peluang emas dan mencetak gol balasan. Pada menit ke-78, tendangan Thanawut Phochai tidak terlalu keras dan mudah ditangkap kiper Xuan Hoang. Kiper Xuan Hoang membuat dua penyelamatan penting pada menit ke-82 dengan mementahkan dua peluang Thailand.

Penyelamatan pertama Xuan Hoang saat menggagalkan umpan silang Thawatchai Inprakhon yang bisa jadi umpan matang. Tetapi, bola yang ditepis Hoang masih bergulir di kotak penalti dan disambar Kakana Khamyok. Hanya saja, lagi-lagi Xuan Hoang memiliki respons yang baik dengan menggagalkan tendangan Kakana yang merupakan peluang terbaik Thailand di babak kedua.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Vietnam menang 1-0 atas Thailand dan lolos ke semifinal Piala AFF U-23 sebagai juara Grup C. Sementara itu, Thailand mendampingi Vietnam dengan ke semifinal Piala AFF U-23 sebagai runner up terbaik.(cnn/hm15)

Related Articles

Latest Articles