15.7 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Swiss Membuat Kejutan, Penghancur Mimpi Prancis di Euro 2020

Jakarta,MISTAR.ID

Swiss membuat kejutan di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai menyingkirkan tim favorit juara Prancis, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Swiss membuat Prancis tersungkur meski datang dengan modal yang tidak meyakinkan. Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan melangkah ke fase knock out hanya bermodalkan jatah peringkat ketiga terbaik.

Swiss memulai turnamen ini dengan hasil imbang 1-1 melawan Wales di laga perdana Grup A. Hasil tak memuaskan itu berlanjut setelah La Nati dipecundangi Italia dengan skor telak 3-0 di laga berikutnya.

Baca Juga: 6 Tim Lolos ke Perempat Final Euro 2020

Kekalahan telak dari Italia membuat Swiss berada dalam posisi sulit untuk lolos ke babak 16 besar. Skuad asuhan Vladimir Petkovic wajib menang atas Turki untuk menyegel satu tempat lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Target wajib menang itu berhasil dipenuhi oleh Swiss. Dua gol Xherdan Shaqiri dan satu gol Haris Seferovic yang hanya dibalas satu gol Irfan Kahveci melapangkan jalan Swiss ke fase selanjutnya.

Swiss lolos meski kalah bersaing dengan Wales yang melangkah sebagai runner up grup dan Italia yang perkasa dengan mengemas tiga kemenangan beruntun.

Baca Juga: 8 Gol, Kroasia vs Spanyol Laga Paling Seru Euro 2020

Catatan tak mengesankan itu membuat Swiss diprediksi tidak akan melangkah lebih jauh di Euro 2020. Apalagi, Swiss sudah harus bersua juara Piala Dunia 2018, Prancis di babak 16 besar.

Swiss memang bisa unggul lebih dulu lewat gol Seferovic pada menit ke-15. Namun, Prancis bisa membalikkan keadaan jadi 3-1 melalui dua gol yang dicetak Karim Benzema dan gol indah, Paul Pogba.

Swiss tertinggal 1-3 saat babak kedua tersisa 15 menit. Bayang-bayang kegagalan melaju ke perempat final Euro 2020 pun sudah berada di depan mata Swiss.

Baca Juga: Mbappe Gagal Adu Penalti, Prancis Tersingkir dari Euro 2020

Saat aroma kekalahan kian dekat, Swiss yang bermain penuh semangat di luar dugaan mampu menyamakan kedudukan jadi 3-3 setelah Seferovic mencetak gol kedua dan pemain pengganti Mario Gavranovic membobol gawang Hugo Lloris pada menit ke-90.

Skor imbang 3-3 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Tidak ada gol yang tercipta di babak perpanjangan waktu sehingga penentuan tim yang lolos dilakukan lewat adu penalti.

Dalam drama adu penalti, seluruh eksekutor Swiss menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara itu, eksekusi penendang terakhir Prancis Kylian Mbappe berhasil dibaca oleh Yann Sommer yang membuat Swiss lolos dan akan bertemu Spanyol di babak perempat final Euro 2020.

Baca Juga: Tim Dinamit ke Perempat Final Euro, Wales Digunduli 4-0

6 Tim Tersingkir dari 16 Besar Euro 2020

Sebanyak enam tim tersingkir dari babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021), termasuk juara dunia Prancis yang kalah dari Swiss.

Prancis dipastikan tersingkir di babak 16 besar Euro 2020 usai menelan kekalahan dari Swiss dengan skor 4-5 lewat babak adu penalti setelah bermain 3-3 hingga babak perpanjangan waktu pada Selasa (29/6/21) dini hari WIB.

Tiga gol Prancis disumbangkan lewat torehan dua gol Karim Benzema dan satu gol Paul Pogba.

Baca Juga: Dua Pemain Denmark Bayangi Ronaldo Berburu Top Skor Euro 2020

Sementara tiga gol Swiss diciptakan lewat torehan dua gol Haris Seferovic dan satu gol Mario Gavranovic. Skor 3-3 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Namun, karena di babak tambahan tidak ada satu pun tim yang mampu mencetak gol, maka pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Empat penendang pertama Prancis dan lima atau semua algojo Swiss sukses memasukkan bola dalam babak adu penalti.

Baca Juga: Italia Diselamatkan VAR ke Perempat Final Euro

Sayangnya, penendang terakhir Prancis Kylian Mbappe gagal mengkonversi penaltinya menjadi gol dan mengakibatkan Prancis kalah 4-5 dari Swiss dan tersingkir di 16 besar Euro 2020.

Beberapa jam sebelumnya, Kroasia juga dipastikan tersingkir dari 16 besar Euro 2020 usai takluk 3-5 dari Spanyol lewat babak perpanjangn waktu di 16 besar Euro 2020.

Bertanding di Stadion Parken, Kopenhagen, Kroasia unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Pedri pada menit ke-20. Tetapi, Spanyol berhasil membalikkan keunggulan menjadi 3-1 lewat gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta, dan Ferran Torres.

Baca Juga: Ketua UEFA Bela VAR Soal Hujan Penalti di Euro 2020

Perjuangan keras Kroasia berhasil memaksakan laga harus diselesaikan lewat babak tambahan setelah mereka mencetak dua gol dalam tujuh menit terakhir di waktu normal. Dua gol tersebut dicetak Mislav Orsic pada menit ke-85 dan Mario Pasalic pada menit ke-90+2.

Sayangnya, pada babak tambahan Kroasia akhirnya takluk lewat dua gol Spanyol yang dicetak Alvaro Morata pada menit ke-100 dan Mikel Oyarzabal pada menit ke-103. Kroasia pun akhirnya tersingkir di babak 16 besar Euro 2020 usai kalah 3-5 dari Spanyol.

Sebelum Kroasia dan Prancis tersingkir, empat tim lebih dulu angkat koper usai takluk babak 16 besar yaitu Portugal, Austria, Belanda, dan Wales.

6 Tim Tersingkir dari 16 besar Euro 2020:

1. Wales

2. Austria

3. Belanda

4. Portugal

5. Kroasia

6. Prancis
(CNN/hm13)

Related Articles

Latest Articles