17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Real Madrid Taklukkan Liverpool 3-1

Madrid, MISTAR.ID

Real Madrid mengalahkan tamunya Liverpool 3-1 dalam pertandingan sarat emosi di leg pertama perempat final Liga Champions, Selasa (6/4/2021) malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Madrid ditentukan oleh permainan gemilang sayap muda asal Brasil, Vinicius Junior, dan pola serangan efektif yang dibangun oleh pemain tengah asal Jerman, Toni Kroos.

Vinicius mencetak dua gol, sementara satu gol lagi diciptakan oleh Marco Asensio.

Gol balasan Liverpool dihasilkan oleh Mohamed Salah.

Baca Juga: Kalah 0-1 di Kandang Sevilla, Atletico Madrid Gagal Raih Poin

Meskipun kalah, Liverpool tetap memiliki peluang karena berhasil mencuri satu gol di Stadion Alfredo Di Stéfano, yang biasanya menjadi lapangan berlatih para pemain Madrid.

Ini untuk pertama kalinya dua tim tersebut bertemu di turnamen yang sama setelah final 2018 yang berakhir menyakitkan bagi Liverpool.

Saat itu mereka juga kalah 1-3 setelah Salah hanya bermain 30 menit sebelum mengalami cedera bahu akibat ditabrak Sergio Ramos.

Para pendukung Liverpool di seluruh dunia mengecam aksi Ramos tersebut, selain kenangan buruk akibat kesalahan ganda kiper Loris Karius yang menjadi anti-klimaks kinerja gemilang Liverpool musim itu.

Baca Juga: Arsenal Dihajar Liverpool Tanpa Balas

Karenanya, ketika undian perempat final tahun ini kembali mempertemukan dua tim tersebut, banyak yang melihatnya sebagai ajang balas dendam.

Namun, Liverpool menuju Madrid dengan suasana yang lebih nyaman setelah akhirnya merebut trofi Liga Champions 2019 dan menjadi juara Liga Inggris 2020.

Protagonis 2018 juga tidak ada malam tadi, termasuk Ramos yang cedera dan Karius yang dipinjamkan ke tim lain.

Real Madrid memulai pertandingan secara meyakinkan dengan unggul cepat dua gol tanpa balas di babak pertama.

Kroos, yang kembali masuk starting eleven, memberi umpan lambung jarak jauh ke Vinicius, yang dengan smepurna mengontrol bola dengan dada. Setelah melewati bek Nat Phillips, Vinicius membuat gol indah dari dekat garis kotak penalti menit ke-27.

Baca Juga: AC Milan Dihantam Badai Cedera

Kroos kembali berperan dalam gol kedua tuan rumah dan lagi-lagi mengawali serangan dengan sepakan jarak jauh. Trent Alexander-Arnold mencoba menghalau bola dengan sundulan sambil menjatuhkan diri, tetapi bola justru bergulir menuju Marco Asensio.

Asensio mampu mengecoh kiper Alisson yang datang menyambutnya lalu melepas tembakan ke gawang yang kosong menit ke-36.

Dari sini, Madrid mulai mengendalikan permainan.

Masuk babak kedua, Liverpool menjadi lebih berani menyerang untuk mencuri gol penting di kandang lawan pada leg pertama ini.

Baca Juga: Bekuk Valladolid 1-0, Barcelona Jadi Ancaman Serius Atletico

Upaya mereka membuahkan hasil hanya enam menit setelah turun minum. Mohamed Salah mampu memanfaatkan bola muntah dari sepakan Georginio Wijnaldum dan menyarangkan gol dari jarak dekat.

Kiper Thibaut Courtois bisa menepis bola, tetapi tidak bisa menahan lajunya menuju gawang. Pertandingan pun berjalan makin seru dan panas.

Vinicius menjadi pahlawan Madrid malam itu dengan mencetak gol keduanya di menit ke-65. Diawali dengan lemparan ke dalam yang diterima Karim Benzema, lalu dioper ke Luka Modric. Pemain Kroasia itu dengan leluasa menggiring bola ke kotak penalti dan mengumpan ke Vinicus.

Cukup dengan satu tendangan, pemain Brasil itu kembali menaklukkan Alisson.

Namun peluang Vinicius mencetak hattrick sirna setelah ia digantikan oleh rekan senegaranya, Rodrygo.

Leg kedua akan digelar di Anfield Rabu pekan depan.(BBC/hm13)

Related Articles

Latest Articles