9.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Piala AFC 2022: PSM ke Final Zona ASEAN Setelah Kalahkan Kedah

Denpasar, MISTAR.ID

PSM Makassar sukses mengalahkan Kedah Darul Aman 2-1. Hasil ini membawa Juku Eja melaju ke final zona ASEAN Piala AFC 2022.

PSM menghadapi wakil Malaysia Kedah pada laga semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (9/8/22). PSM tampil menekan di awal laga. Everton Nascimento hampir mencetak gol cepat untuk PSM di menit ke-3. Namun, sepakannya masih menerpa mistar gawang.

Pada menit ke-16, PSM kembali punya peluang emas. Umpan tarik Rizky Eka Pratama bisa disambar oleh Yakob Sayuri. Gol urung terjadi karena bola bisa ditepis kiper Kedah, Ifwat Akmal.

Baca Juga:AFC Sebut Pengundian Grup Piala Asia U-16 dan U-19 Dilaksanakan 18 Juni 2020

Kombinasi Rizky dan Yakob akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-31. Dari situasi yang hampir serupa, Rizky melepas umpan mendatar dari sisi kiri yang kini bisa dituntaskan Yakob menjadi gol. Skor 1-0 untuk PSM bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, PSM bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-54. Sepak pojok Muhammad Arfan bisa ditanduk menjadi gol oleh Yuran Fernandes. Namun pada menit ke-62, Yuran justru harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Yuran diusir lapangan karena mendapat kartu kuning kedua di laga ini.

Bermain dengan 10 pemain, PSM memilih lebih fokus menjaga pertahanan. Kedah nyaris mencetak gol pada menit ke-81 dari tendangan keras Akmal Zahir dari luar kotak penalti. Mistar gawang menyelamatkan PSM dari kebobolan. Kedah terus mengurung lini pertahanan pasukan Bernardo Tavares di sisa laga.

Baca Juga:Kualifikasi Piala Asia U-17, Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

Terus menyerang, Kedah bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-86 dari tendangan Fayadh Zulkifli. PSM bisa menjaga keunggulan 2-1 hingga laga tuntas, meski harus kembali kehilangan pemain usai Agung Manan mendapat kartu merah.

Kemenangan ini membawa PSM ke final zona ASEAN Piala AFC. Wiljan Pluim dkk bakal bertemu dengan pemenangan laga Viettel (Vietnam) vs Kuala Lumpur City FC (Malaysia). (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles