8.5 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Orang Terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe ingin Beli Manchester United Senilai £15 Miliar

London, MISTAR.ID

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe ingin membeli Manchester United dalam pengambilalihan dramatis. Dan dia dipuji sebagai orang “sempurna” untuk menghadapi klub krisis oleh legenda Red Devils, Viv Anderson.

Keluarga Glazer selaku pemilik saat ini dikatakan terbuka untuk menjual saham minoritas di klub krisis Liga Premier, yang memiliki nilai total dilaporkan sebesar £5 miliar. Dan Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, akan mengambil kesempatan untuk berinvestasi di sisi Old Trafford dan mengambil “kontrol penuh”.

Ratcliffe yang diyakini bernilai sekitar £11 miliar bahkan ingin membeli sleluruh klub secara langsung jika Glazer memutuskan untuk menjual sepenuhnya dan siap membayar dana yang diperlukan untuk merombak skuad dan memodernisasi tempat duduk stadion berkapasitas 76.000 yang runtuh.

Baca juga:Ronaldo Ingin Tinggalkan Manchester United

Seorang juru bicara mengatakan: “Jika klub dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial. Jika mungkin, kami akan tertarik untuk membicarakan kepemilikan jangka panjang. Ini bukan tentang uang yang telah dikeluarkan atau tidak. Jim sedang melihat apa yang bisa dilakukan sekarang dan mengetahui betapa pentingnya klub bagi kota, rasanya waktu yang tepat untuk mengatur ulang.”

Mantan bintang United, Anderson mengatakan : “Tuan Jim adalah anak Salford, tidak peduli berapa banyak uang yang dia hasilkan. Dia tahu hati klub dan tahu hati para penggemar. Tuan Jim adalah orang Manchester United untuk seterusnya dan dia akan menjadi orang yang sempurna untuk mengambil alih klub.”

Keluarga Glazer memiliki momen dan waktu di Manchester United. “Saya akan mendukung Tuan Jim untuk mengambil alih dan saya tahu jutaan pendukung United di seluruh dunia akan melakukannya juga.”

SunSport dapat mengungkapkan bahwa perusahaan ekuitas global Amerika, Apollo yang dua tahun lalu mencoba membeli kompleks hotel terkenal di Las Vegas, Caesars Palace juga tertarik untuk menerima tawaran Glazer.

The Daily Mail melaporkan pembicaraan eksklusif sudah berlangsung antara perusahaan ekuitas swasta AS dan keluarga Glazer. Mantan direktur Manchester United Michael Knighton juga putus asa untuk menggulingkan pemiliki saat ini. Dia telah bergabung dengan tiga miliarder untuk menekan keluarga Glazer dan secara terbuka meminta dukungan Ratcliffe di konsorsium.

Knighton mengatakan kepada ITV : “Mereka telah merusak merek. Ini bukan masalah pribadi terhadap Glazer, mereka hanya selalu memiliki model yang salah. Kami bukan dana Negara-bangsa yang memiliki pendapatan minyak dua miliar per hari. Jika kita bisa mengeluarkan Tuan Jim yang hebat untuk membeli Manchester United, konsorsium saya akan meninju udara karena kami telah mencapai apa yang ingin kami lakukan.”

Namun, The Times melaporkan Ratcliffe “cenderung mencari kendali penuh” atas bisnis apapun yang dia investasikan dan karena itu mungkin enggan menjadi bagian dari kelompok Knighton.

Ratcliffe dibesarkan di sebuah dewan estate di Failsworth, Manchester dan menghasilkan uang sebagai CEO Ineos, perusahaan kimia multinasional. Nilainya sekarang dikatakan telah turun menjadi sekitar £6miliar dan dia berada di peringkat ke 27 dalam Daftar Kaya Sunday Times 2022. Seorang pendukung setia Red Devils yang berumur 69 tahun gagal dalam upaya terakhir untuk membeli Chelsea pada awal Mei.

Baca juga:Cristiano Ronaldo Bakal Bertahan di Manchester United

Tentang Ineos
Tapi dia sudah memiliki pengalaman dalam olahraga. Pada 2017, ia membeli tim sepak bola papan atas Swiss FC Lausanne – Sport. Dua tahun kemudian, dia membeli Nice di Prancis dan juga memberi uang ke Tim bersepeda, Team Sky- mengubah namanya menjadi Team Ineos. Ineos juga mensponsori tim Piala Amerika asuhan Tuan Ben Ainslie dan tim F1 Mercedes.

Berita tentang ketertarikan Ratcliffe di United muncul beberapa jam setelah para penggemar bersemangat tentang tweet Elon Musk yang menyarankan dia akan mencoba dan meyakinkan keluarga Glazer yang tidak popular untuk menjual. Tetapi kepala Tesla kemudian mengecewakan mereka lagi dengan mengonfirmasi bahwa itu adalah lelucon.

Namun, minat dari Ratcliffe memicu kegembiraan di antara para pendukung dengan prospek melihat latar belakang Glazer. Keluarga yang berbasis di Tampa, dipimpin oleh saudara laki-laki dan wakil ketua Avram dan Joel telah memicu kemarahan luas untuk menjalankan klub sejak pengambilalihan tahun 2005.

Hal-hal di lapangan juga menyedihkan. United kehilangan dua pertandingan pertama mereka pada musim ini di bawah Erik ten Hag dari Brighton dan Brentford, duduk di posisi terbawah liga setelah awal terburuk mereka di bawah manajer baru selama 101 tahun.

Para petinggi Old Trafford telah menolak untuk mengomentari minat Ratcliffe, tetapi para pendukung United memprotes di media sosial untuk mendukung tawaran tersebut. United Faithfuls mengetweet : “Jika Tuan Jim Ratcliffe berhasil membeli Manchester United, kami akan merayakannya lebih dari kami merayakan 99 tiga kali lipat.”

Kelompok penggemar “The 1958” merencanakan protes “Old Trafford Kosong” atas kepemilikan Glazer sebelum bentrokan Senin melawan rival sengit Liverpool.

Ian Stirling dari Trust Pendukung Manchester United mengecam : “Dengan kurangnya investasi pemain dan kinerja tim, semuanya telah mencapai puncaknya. Ini telah salah urus begitu lama dan turun-temurun. Manajer mungkin sekarang bertanya-tanya apa yang dia lakukan. Kami akan menyambut siapa pun dengan kemampuan finansial yang mengajukan tawaran serius untuk United-pemilik dengan prioritas yang sama dengan penggemar”. (thesun/hm06)

Related Articles

Latest Articles