12.5 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Liga 1 dan Liga 2 Indonesia Bergulir September 2020

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku akan melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020, pada bulan September 2020, setelah PSSI mengadakan rapat komite eksekutif (Exco) secara virtual pada Rabu 17 Juni 2020 malam WIB.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (19/6/20).

Jika mengacu kepada pertemuan yang dilakukan PSSI dengan petinggi klub-klub Liga 1 medio dua pekan lalu, kompetisi kembali digulirkan September 2020 dan rencana seluruh pertandingan akan dipusatkan di pulau Jawa.

Hanya saja, PSSI akan mengubah format kompetisi agar musim dapat diselesaikan lebih singkat. Satu hal lagi perlu diketahui, tidak akan ada yang tim degradasi di akhir musim.

Baca juga: APPI Minta Bantuan Dana Stimulus Untuk Industri Bola Tanah Air

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk timele mulai dan ujung kompetisi,” tambah Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi

Sekadar informasi, Liga 1 2020 sejatinya sudah berlangsung sejak pengujung Februari 2020. Namun, baru berjalan tiga pekan, kompetisi ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020 imbas virus corona.

Akibat penangguhan kompetisi, klub-klub kehilangan pemasukan dan pemain pun terkena imbasnya. Dari Maret-Juni 2020, para pemain hanya mendapat bayaran sebesar 25 persen dari nominal yang seharusnya mereka terima.

Baca juga : AFC Sebut Pengundian Grup Piala Asia U-16 dan U-19 Dilaksanakan 18 Juni 2020

Karena itu, dengan digulirkannya kompetisi, klub-klub kembali mendapat pemasukan. Otomatis, roda perekonomian sepakbola Tanah Air pun kembali berputar.(okzn/hm07)

Related Articles

Latest Articles