10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Kejutan Euro 2020, Denmark Temani Belgia ke 16 Besar

Kopenhagen, MISTAR.ID

Kejutan berhasil diciptakan Denmark. Tim berjuluk Dinamit tersebut tanpa diduga berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 usai membekuk Rusia 4-1 pada laga penutup di Parken Stadium, Kopenhagen, Selasa (22/6/2021).

Empat gol Denmark masing-masing dicetak Mikkel Damsgaard (38), Yussuf Poulsen (59), Andreas Christensen (79) dan Joakim Maehle (82). Satu gol Rusia dicetak Artem Dzyuba (70) lewat titik penalti.

Kemenangan ini membuat Denmark finis sebagai runner up grup, dan akan menemani juara grup Belgia ke babak 16 besar.

Baca Juga: Belgia Menggasak Filandia 2-0

Hasil ini menjadi kemenangan pertama Denmark di Piala Eropa 2020 setelah menelan dua kekalahan beruntun. Keberhasilan Denmark melaju juga tidak lepas dari kekalahan yang dialami Finlandia atas Belgia.

Poin mereka sama seperti Rusia dan Finlandia, tetapi selisih gol yang lebih baik membuat Denmark yang berhak lolos.

Keberhasilan ini tidak lepas dari usaha pantang menyerah Denmark sepanjang 90 menit pertandingan. Mereka langsung memberikan tekanan ke pertahanan Rusia. Mereka bahkan nyaris memimpin pada menit kelima. Namun, tembakan Joakim Maehle masih melambung.

Baca Juga: Belgia dan Belanda Masuk 16 Besar

Rusia mampu memberikan perlawanan. Peluang didapat Rusia di menit 18 ketika tendangan Aleksandr Golovin masih bisa dihentikan kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

Denmark membuka keunggulan di menit 38. Gol dicetak Mikkel Damsgaard meneruskan umpan dari Hojbjerg. Dua menit berselang nyaris Denmark menggandakan keunggulan. Sayang, tandukan Jannik Vestergaard masih melebar, dan skor bertahan hingga babak pertama usai.

Tekanan Denmark berlanjut di babak kedua. Denmark akhirnya berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-59 lewat aksi Yussuf Poulsen yang berhasil menyambar bola liar dengan tendangannya.

Baca Juga: Gasak Georgia 3-0, Belanda Dapat Suntikan Kepercayaan Diri

Rusia berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Artem Dzyuba dari titik penalti. Hadiah penalti diberikan wasit setelah Jannik Vestergaard menarik pemain Rusia, Aleksandr Sobolev di dalam kotak penalti.

Namun Denmark mampu membalas dengan dua gol tambahan Andreas Christensen dengan tembakan dari luar kotak penalti di menit 79 dan Joakim Maehle di menit 82.

Susunan Pemain

Rusia (4-2-3-1) Matvei Safonov; Igor Diveev, Fyodor Kudryashov, Georgi Dzhikiya; Mario Fernandes, Magomed Ozdoyev, Roman Zobnin, Aleksandr Golovin, Daler Kuzyayev; Aleksei Miranchuk; Artem Dzyuba

Denmark (3-4-3) Kasper Schmeichel; Simon Kjaer, Jannik Vestergaard, Andreas Christensen; Daniel Wass, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Maehle; Yussuf Poulsen, Mikkel Damsgaard, Martin Braithwaite.(BeritaSatu/hm13)

Related Articles

Latest Articles