10.7 C
New York
Friday, April 26, 2024

Keajaiban dari Makedonia Utara, Timnas Jerman Terhempas

Schauinsland, MISTAR.ID

Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadi sejarah pertama yang mempermalukan Timnas Jerman. Para pemain Jerman untuk sementara disarankan untuk ‘bersembunyi’ dulu. Kenapa?

Berdasarkan catatan sejarah, Jerman tidak pernah kalah dalam Kualifikasi Piala Dunia sejak ditaklukkan Timnas Inggris 1-5 tahun 2011. Setelah itu Jerman melewati 3 pertandingan tanpa kekalahan, rinciannya 31 kemenangan dan empat imbang.

Tapi kali ini, kekalahan memalukan untuk Die Mannschaft justru datang dari Makedonia Utara.

Dalam laga di Grup J pada Kamis (1/4/21) dinihari Wib, Jerman menjamu Makedonia Utara di Schauinsland-Reisen Arena. Meski Jerman melakukan pergantian beberapa pemain, jelas kualitasnya jauh di atas lawannya Tim Makedonia Utara.

Baca Juga: Yunani Tahan Imbang Spanyol 1-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Makedonia Utara bermain sangat mengejutkan, Jerman benar-benar repot dibuatnya.

Bahkan Goran Pandev berhasil membawa Makedonia Utara unggul duluan di akhir babak pertama.

Walaupun sempat disamakan penalti Ilkay Guendogan, tapi akhirnya Jerman kalah dengan skor 1-2 lewat gol Eljif Elmas di menit ke-82. Hasil ini terbilang sangat memalukan.

Kemenangan Makedonia Utara ini menjadi sejarah yang mengejutkan dalam dunia sepak bula kualifikasi dunia. Goran Pandev menilai, hal itu merupakan satu keajaban.

Baca Juga: Jerman Menentang Boikot Piala Dunia Qatar 2022

Gol balasan Jerman dicetak Ilkay Guendogan dari titik putih setelah jeda permainan. Eljif Elmas menjadi mimpi buruk Jerman. Elmas mencetak gol kemenangan Makedonia Utara pada enam menit terakhir pertandingan.

Hasil ini tentu sangat buruk untuk Jerman. Tim besutan Joachim Loew di atas kertas seharusnya mampu mengatasi lawannya itu.

Pandev bahkan tak menduga jika negaranya bisa mengalahkan Jerman. Dia menyebut bahwa kemenangan ini sebuah keajaiban.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Sempat Unggul Prancis  Ditahan Ukraina 1-1

“Terkadang keajaiban terjadi dalam sepakbola. Sebuah keberanian dibarengi kebahagiaan,” tulis Pandev di akun Instagram pribadinya.

“Dengan perjuangan, keringat, dan hati di lapangan, generasi ini layak dan pantas dihormati,” striker milik klub Genoa itu menegaskan.

Sebelum hasil buruk ini, Jerman terakhir kali merasakan kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Dunia pada 1 September 2001. Mereka ditumbangkan Inggris dengan skor 1-5.(detikcom/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles