30 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Indonesia Kalahkan Timor Leste

Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday, Kamis (27/1/22) yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali.

Di pertandingan itu, Indonesia langsung mengambil alih kontrol permainan. Sementara Timor Leste selaku tim tamu lebih banyak bertahan di belakang. Irfan Jaya punya kans menjebol gawang Timor Leste di menit ke-16. Ia melepaskan tembakan mendatar di kotak penalti, namun melenceng tipis di sisi kiri. Peluang selanjutnya hadir dari Sani Rizki di menit ke-20, tetapi tembakannya melambung.

Dedik Setiawan dengan cerdik melakukan kontrol dada usai menerima lemparan ke dalam, lalu melepaskan tembakan keras di sisi kanan kotak penalti. Malang, sepakan penyerang Arema FC itu membentur tiang gawang.

Baca Juga:Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Waspadai Timor Leste

Di menit 27, Ricky Kambuaya masuk ke sisi kanan kotak penalti, lalu melepaskan crossing mendatar kepada Dedik. Gawang Timor Leste sudah kosong, namun sontekan Dedik melebar.

Timor Leste akhirnya unggul lebih dulu di menit ke-35. Lewat serangan balik, Paulo Gali menusuk lewat sisi kanan, dan dihadang Alfeandra Dewangga. Namun ia berhasil melakukan tembakan lob ke sudut kiri gawang dan menaklukkan kiper Indonesia, Syahrul Fadillah.

Paulo Gali kembali menjadi momok bagi pertahanan Indonesia. Menit ke-45, ia kembali melancarkan serangan balik dan berhasil menggocek Syahrul di kotak penalti. Kiper Tira Persikabo itu tak punya pilihan kecuali melanggarnya.

Baca Juga:Timnas Indonesia Dirontokkan Thailand 4 Gol Tanpa Balas

Penalti untuk Timor Leste diambil oleh Mouzinho. Pemain nomor 10 itu melepaskan tembakan ke sudut kiri bawah, namun ditepis oleh Syahrul, sekaligus menebus ‘dosa’-nya. Skor 1-0 untuk Timor Leste bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah perubahan. Pratama Arhan, Ronaldo Kwateh, dan Hanis Saghara dimasukkan untuk menambah kreativitas lini serang. Keputusan itu terbukti jitu. Menit ke-65, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan.

Umpan lambung Evan Dimas kepada Ronaldo di depan kotak penalti lalu diteruskan kepada Ricky Kambuaya yang menerobos masuk kotak penalti. Sepakan keras gelandang Persebaya itu bersarang telak di gawang Timor Leste yang dijaga Junildo Manuel.

Baca Juga:Performa Timnas Indonesia Kejutkan Pelatih Singapura

Keunggulan Indonesia bertambah di menit ke-73. Skuad Garuda mendapat penalti usai Gumario Augusto melakukan handball di kotak terlarang. Pratama Arhan maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan kiper pengganti, Mendonca Da Silva.

Selepasnya, Indonesia bermain nyaman dan sukses memperlebar keunggulan. Menit ke-77, lemparan ke dalam ala Rory Delap yang diarahkan Arhan ke kotak penalti Timor Leste salah diantisipasi oleh Mendonca. Bola menyentuh tangannya dan masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 3-1.

Indonesia menambah gol lagi di menit ke-80. Crossing Arhan dari sisi kiri yang mengarah kepada Hanis coba dihalau oleh bek Timor Leste, Filomino. Namun sundulannya malah masuk ke gawang sendiri. Skor 4-1 menutup laga ini. Indonesia kembali berlaga menghadapi Timor Leste pada 30 Januari mendatang.(detiksport/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: