9.9 C
New York
Friday, April 19, 2024

Diikuti 63 Klub, Total Hadiah Bonas Cup Rp3 Miliar

Medan, MISTAR.ID

Turnamen Bobby Nasution (Bonas) Cup 2022 siap digelar. Sebanyak 63 tim yang terbagi dalam 4 wilayah bakal bersaing memperebutkan total hadiah Rp3 miliar.

Hal itu disampaikan Penanggungjawab Pertandingan Syuhada Fela Yuda dalam sesi Manager Meeting yang berlangsung di Regale Internasional Convention Center, Sabtu (30/7/22).

“Bonas Cup ini nantinya terbagi 4 wilayah. Masing-masing wilayah ada 16 tim dengan total 63 tim, ada satu wilayah yang hanya diisi 15 tim karena ada satu slot yang kosong,” ujar Yuda.

Baca Juga:Tim Sepakbola Kejari Medan Juara Persaja Cup 2022, Kajari Top Scorer

Dijelaskan Yuda, keempat wilayah itu di antaranya Medan, Labuhan Batu, Padangsidimpuan dan Sergai.

“Untuk penyisihan di Medan akan menggunakan Stadion USU Medan, Labuhan Batu Stadion Binaraga, Padangsidimpuan Stadion HM Nurdin dan Sergai lapangan Fajar Agung,” jelasnya.

Dikatakannya, pembukaan kompetisi nantinya akan digelar pada Rabu 3 Agustus di Labuhan Batu.

“Ada pertandingan pembuka grup peserta, dan juga pertandingan eksebisi dengan instansi pemerintah nantinya. Kick off secara serentak di empat wilayah akan dimulai pada Senin 8 Agustus 2022 mendatang,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fadli Hariri selaku Komisi Pertandingan turut menerangkan jika masing-masing juara grup juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Baca Juga:Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Suporter dan Klub Majukan Sepakbola Sumut

“Empat tim terbaik dari wilayah juga akan mendapatkan hadiah, di mana juara pertama mendapatkan Rp30 juta, terbaik kedua Rp20 juta, terbaik ketiga Rp10 juta dan peringkat keempat mendapatkan hadiah Rp5 juta,” ujar Fadli.

Selanjutnya 4 tim terbaik dari 4 wilayah akan kembali bertanding di babak 16 besar.

“Semua laga 16 besar akan berlangsung di Stadion Teladan dan juara pertama berhak meraih Rp1 miliar, peringkat kedua Rp750 juta, peringkat ketiga Rp500 juta, dan peringkat keempat Rp250 juta. Serta pemain terbaik dan topskor juga mendapatkan uang tunai dengan total seluruhnya Rp3 miliar,” ucap Fadli.

Tak hanya perwakilan seluruh peserta, manager meeting juga turut dihadiri pengawas pertandingan, Muhammad Umar yang merupakan mantan wasit nasional.

Dalam manager meeting juga turut disepakati denda Kartu Kuning sebesar Rp300 ribu dan Kartu Merah Rp700 ribu untuk penyisihan grup.

Baca Juga:Pesepakbola dan Atlet Profesional akan Peroleh Jaminan Sosial

Sedangkan babak 16 besar peserta dikenakan denda Kartu Kuning sebesar Rp500 ribu dan Kartu Merah Rp1 juta.

Nominal denda tersebut diputuskan agar para peserta lebih mengedepankan permainan fair play di atas lapangan hijau.

Sebelumnya, Ketua Panitia Bakhtiar Ahmad Sibarani menjelaskan Bonas Cup merupakan pesta sepak bola yang digagas oleh Bobby Nasution.

“Keterpanggilan beliau (Bobby Nasution) serta kecintaan beliau terhadap olahraga sepak bola di Sumut melatarbelakangi kompetisi ini digelar,” ujar Bakhtiar dalam sesi temu pers di Cambridge City Square, Selasa (28/7/22) lalu.

Didampingi Ade Jona Prasetyo sebagai Sekretaris dan Samuel Nababan sebagai bendahara, Bakhtiar juga menjelaskan alasan ketertarikan Bobby Nasution menghelat Bona Cup.

“Sebagai putra daerah Sumut, Bobby Nasution ingin agar olahraga sepak bola dihidupkan kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun lamanya,” ujar Bakhtiar.(rahmad/hm12)

Related Articles

Latest Articles