10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bungkam Tunisia 1-0, Australia Berpeluang ke Fase Gugur

Doha, MISTAR.ID

Tiga poin berhasil diraih Australia usai mengalahkan Tunisia di matchday kedua Grup D Piala Dunia 2022. Dalam laga yang digelar di Al Janoub Stadium, Sabtu (26/11/2022), Socceroos menang dengan skor tipis 1-0.

Gol semata mayang Australia dalam laga tersebut dicetak oleh Mitchell Duke di babak pertama.

Dengan kemenangan ini, Australia yang mengantongi tiga poin dari dua laga beranjak ke posisi dua klasemen Grup D, sekaligus membuka peluang mereka untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara Tunisia tertahan di dasar klasemen dengan koleksi satu poin dari dua laga.

Baca Juga: Tim Tuan Rumah Qatar Jadi yang Pertama Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Menghadapi Tunisia di Al Janoub Stadium, Australia mengambil inisiatif serangan lebih dulu di awal laga. Serangan yang dilancarkan Socceroos dari sisi lapangan cukup membuat repot barisan belakang Tunisia, namun ada peluang emas.

Pelanggaran yang dilakukan pemain Tunisia hanya berbuah tendangan bebas yang masih gagal dimanfaatkan oleh Mathew Leckie dan kolega.

Di menit 21, Tunisia berbalik mengancam. Mendapat ruang, Mohamed Drager melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun bola masih melayang di atas mistar gawang Australia yang dikawal Mathew Ryan.

Baca Juga: Phishing Sampai Penipuan NFT Mencatut Piala Dunia Qatar 2022

Memasuki menit 23, Australia akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Menyambut umpan lambung Goodwin, Mitchell Duke menanduk bola ke pojok kiri gawang yang gagal dibendung Aymen Dahmen. Skor berubah 0-1.

Tertinggal satu gol, Tunisia langsung bereaksi. Lewat sisi kiri lapangan, serangan coba dibangun tim besutan Jalel Kadri.

Peluang emas bagi Tunisia datang di menit 41. Pergerakan Jebali dan Souttar yang menusuk dari sisi kiri memicu kemelut di depan gawang Australia.

Baca Juga: Preview Piala Dunia 2022: Prancis vs Denmark dan Tekat Giroud

Souttar yang dihadang tiga bek lawan, menyodorkan bola kepada Drager yang langsung melepaskan tendangan first time dari jarak dekat. Nahas, bola masih berhasil diblok pemain Australia.

Jelang turun minum, Australia berpeluang menggandakan keunggulan lewat sundulan Duke. Tapi kali ini bola berhasil diamankan Dahmen.

Skor 0-1 untuk keunggulan Australia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Tunisia tampil lebih agresif. Tidak ingin tersingkir lewat awal di Piala Dunia 2022, anak-anak asuh Jalel Kadri lebih berani bermain terbuka dan menekan.

Kokohnya pertahanan Australia tidak membuat para pemain Tunisia. Setiap ada peluang, Issam Jebali dan Naim Sliti beberapa kali mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak.

Australia bukan tanpa perlawanan. Serangan yang dibangun pasukan Graham Arnold beberapa kali nyaris mengubah papan skor.

Di sisa waktu pertandingan, jual beli serangan semakin sengit. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, papan skor tidak berubah.

Susunan Pemain:

Tunisia (3-4-3): Aymen Dahmen; Montassar Talbi, Yassine Meriah, Dylan Bronn; Ali Abdi, Aïssa Laïdouni, Ellyes Skhiri, Mohamed Drager; Youssef Msakni, Issam Jebali, Naim Sliti.

Cadangan: Aymen Balbouli, Bechir Ben Said, Mouez Hassen, Bilel Ifa, Nader Ghandri, Hannibal Mejbri, Wahbi Khazri, Taha Yassine Khenissi, Ali Maaloul, Ferjani Sassi, Mohamed Ali Ben Romdhane, Ghaylen Chaalali, Seifeddine Jaziri, Wajdi Kechrida, Anis Ben Slimane.

Pelatih: Jalel Kadri.

Australia (4-3-3): Mathew Ryan; Fran Karacic, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Jackson Irvine, Aaron Mooy, Riley McGree; Craig Goodwin, Mitchell Duke, Mathew Leckie.

Cadangan: Andrew Redmayne, Daniel Vukovic, Milos Degenek, Marco Tilio, Bailey Wright, Jamie Maclaren, Ajdin Hrustic, Awer Mabil, Cameron Devlin, Thomas Deng, Garang Kuol, Joel King, Jason Cummings, Keanu Baccus.(suara.com/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles