10.1 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Skandal Barcagate, Kantor Barcelona Digeledah Polisi

Barcelona, MISTAR.ID

Skandal Barcagate mengguncang Barcelona pada Februari tahun lalu dan ternyata kasus ini terus bergulir menyusul penangkapan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dan penggeledahan kantor Barcelona di Camp Nou, Senin (1/3/21) waktu setempat.

Pada Februari tahun lalu, Barcelona diguncang skandal yang kemudian disebut dengan Barcagate. Barcelona disebut menggandeng konsultan media, I3 Ventures, untuk menyerang pihak-pihak yang tak sejalan dengan presiden klub saat itu, Josep Maria Bartomeu.

I3 Ventures diduga terlibat dalam pembuatan akun-akun palsu di media sosial dengan tujuan menyerang mereka yang berlawanan dengan Bartomeu. Sejumlah pemain seperti Lionel Messi dan Gerard Pique hingga Pep Guardiola dan mantan presiden Joan Laporta diklaim jadi sasaran.

Baca juga: Gol dan Assist Messi Bawa Kemenangan Barcelona dari Sevilla

Selain itu, ada pula tudingan korupsi dalam skandal ini. Pada September 2020, kepolisian menganggap ada tanda-tanda korupsi di mana ongkos jasa yang dibayarkan untuk agensi digelembungkan hingga lebih dari 600% harga pasaran.

Selain I3 Ventures, beberapa perusahaan lain juga disebut terlibat dalam kasus ini. Menurut Cadena SER yang kemudian dilansir media, saga inilah yang menjadi alasan polisi menggeledah kantor Barcelona. Menurut sumber dekat klub, pihak kepolisian melakukan pemeriksaan. Meski demikian, belum diketahui secara detail apa yang mereka cari.

Pada Juli lalu, berbagai tuduhan dalam skandal ini sempat disebut tak terbukti usai digelarnya audit yang dilakukan oleh firma Price Waterhouse Coopers. Namun, kepolisan Catalunya rupanya terus mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan korupsi yang dilakukan Bartomeu. Kasus ini kemudian membuat tujuh petinggi klub mundur.

Pada musim panas 2020, menyusul permintaan dari hakim, sejumlah petugas kepolisian sempat mendatangi kantor Barcelona untuk mengumpulkan informasi soal kasus ini. Kini, mereka kembali untuk melakukan penggeledahan atas skandal Barcagate. (detik/hm09)

 

Related Articles

Latest Articles