7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Selamati Thailand, Jokowi Tetap Bangga Prestasi Indonesia di Piala AFF 2020

Jakarta, MISTAR.ID

Meski harus mengakui keunggulan Thailand di leg kedua dengan skor 2-2 sekaligus mengantar Timnas Negeri Gajah Putih itu sebagai juara, namun Presiden RI Joko Widodo tetap bangga dengan perjuangan Indonesia di Piala AFF 2020.

Jokowi tak lupa menyelamati Thailand yang berhasil jadi juara. Indonesia untuk keenam kalinya harus gigit jari di partai final Piala AFF. Kali ini Skuat Garuda ditundukkan oleh Thailand dengan agregat 2-6 dalam dua leg final. Pada leg pertama di National Stadium Singapura 29 Desember lalu, Indonesia dibantai empat gol tanpa balas. Pada leg kedua, Sabtu (1/1/22) malam WIB, Indonesia berimbang 2-2.

Sempat unggul cepat lewat gol Ricky Kambuaya, Indonesia tertinggal 1-2 di 10 menit awal babak kedua sebelum Egy Maulana Vikri menyamakan skor. Indonesia lagi-lagi cuma jadi runner-up. Sementara itu, Thailand malah berhasil menambah gelar Piala AFF menjadi enam, yang menjadikan mereka tim yang paling juara disusul Singapura sebanyak empat kali.

Baca juga: Pratama Arhan Dinobatkan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Meski Indonesia gagal jadi juara, Jokowi tetap bangga dengan pencapaian Asnawi Mangkualam dkk. di turnamen ini. Apalagi mereka datang ke Piala AFF dengan segala keterbatasan, termasuk soal kuota jumlah pemain yang dipanggi oleh pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia yang dihuni mayoritas pemain minim pengalaman mampu menjawab keraguan dan melaju sampai final. Jokowi menyebut rakyat Indonesia bangga dengan perjuangan Indonesia. Selain itu, Jokowi juga memberikan selamat atas keberhasilan Thailand jadi juara Piala AFF.

“Selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020 malam ini,” ujar Presiden RI Joko Widodo di akun instagram-nya. “Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif. Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua.” (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles