30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Piala Presiden 2022 Disambut Antusias 18 Tim Peserta Liga 1 Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Piala Presiden sebagai turnamen pramusim sepak bola nasional bakal bergulir 11 Juni-17 Juli 2022 setelah terakhir berlangsung pada 2019 lalu. Turnamen ini langsung disambut antusias para peserta yaitu 18 tim yang akan berlaga di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sebab, selain penting untuk menguji sejauh mana kesiapan skuad untuk Liga 1 musim 2022-2023, Piala Presiden juga membagi-bagi uang yang cukup besar bagi tim-tim yang terlibat di dalamnya. Pada edisi 2022, PSSI menyatakan bahwa juara Piala Presiden akan mendapatkan hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua meraup Rp1,5 miliar serta peringkat ketiga dan keempat masing-masing Rp500 juta.

Bukan cuma itu, PSSI juga memberikan “upah laga” (match fee) sebesar Rp125 juta kepada klub yang memenangi pertandingan dan jika kalah mengantongi Rp75 juta. Andai seri, maka “match fee” itu dibagi dua atau per tim meraup Rp100 juta. Untuk tuan rumah fase grup, PSSI pun menyodorkan subsidi masing-masing senilai Rp600 juta untuk grup yang diisi empat tim dan Rp800 juta untuk grup yang beranggotakan lima klub.

Baca juga: Selamati Thailand, Jokowi Tetap Bangga Prestasi Indonesia di Piala AFF 2020

Tuan rumah mendapatkan bantuan dana lantaran mereka harus membiayai operasional tim tamu. Penyelenggara di fase grup juga berhak atas hasil penjualan tiket penonton di stadion. Selain mendapat gelontoran rupiah, tim-tim di Piala Presiden 2022 dipastikan pula akrab dengan publisitas lantaran semua laga turnamen itu disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta.

Format

Piala Presiden 2022 akan berlangsung dalam format turnamen yang diawali fase penyisihan grup. Sebanyak 18 tim peserta dibagi ke dalam empat grup. Di Grup A ada Persis (tuan rumah), PSIS, Dewa United, Persita dan PSS. Semua laga di grup ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Grup B beranggotakan Borneo FC Samarinda (tuan rumah), Barito Putera, Persija, RANS Nusantara FC dan Madura United. Pertandingan-pertandingan grup ini digelar di Stadion Segiri, Samarinda.

Grup C menyediakan pertarungan ketat antara empat tim yang mengisi posisi lima besar Liga 1 Indonesia 2021-2022 yakni Persib, Bhayangkara FC, Bali United dan Persebaya. Karena Persib menjadi tuan rumah, maka laga dilaksanakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Terakhir, di Grup D, berkumpul Arema FC (tuan rumah), Persikabo 1973, PSM dan Persik. Partai-partai di grup itu akan terhampar di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tim yang lolos dari fase grup akan melangkah ke perempat final, semifinal dan selanjutnya ke final. Laga semifinal bergulir dalam dua leg.

Baca juga: Play-off Piala Dunia 2022: Polandia Tolak Bertanding Lawan Rusia

Pengundian grup Piala Presiden 2022 berlangsung di Bandung pada Minggu (29/5/22). Tuan rumah di setiap grup ditentukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Khusus untuk Samarinda, wilayah itu dipilih lantaran PSSI ingin menggunakan Piala Presiden 2022 untuk mengampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, terdapat beberapa pembatasan yang dilakukan dalam pengundian turnamen pramusim 2022 itu. Salah satunya adalah Bali United dan PSM hanya bisa menghuni grup yang beranggotakan empat tim karena mereka harus berlaga di Piala AFC 2022.

Selain itu, Persija dan Persebaya tidak boleh berada dalam satu grup penyisihan dengan pertimbangan tertentu. Adapun pembukaan Piala Presiden 2022 akan dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, dengan pertandingan Persis melawan PSS.

Baca juga: Senegal Melaju ke Final Piala Dunia Afrika 2021

PSSI dan PT LIB memastikan bahwa Piala Presiden 2022 akan dihadiri penonton di stadion, tetapi jumlahnya akan disesuaikan dengan kondisi pandemi Cvid-19 di daerah penyelenggaraan. Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali telah mengizinkan situasi itu diwujudkan.

“Sudah pasti ada penonton, cuma belum ditentukan berapa jumlahnya. Itu harus berkoordinasi dengan Polri, Satgas Covid-19/BNPB setempat karena PPKM belum ada yang level nol. Kami akan berkoordinasi untuk itu dan saya akan memimpin rapat koordinasinya,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (ant/hm09)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Ketua KONI Sumut: Tak Usah Saling Menyalahkan Soal Tragedi Kanjuruhan

Medan, MISTAR.ID Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) John Ismadi Lubis menilai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan penonton saat menyaksikan pertandingan Arema...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: