10.7 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Piala AFF 2020 Akhirnya Resmi Ditunda

Jakarta, MISTAR.ID

Alasan kesehatan dan keamanan pemain, pelatih, hingga fan akhirnya Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunda gelaran Piala AFF 2020 ke tahun 2021 karena pandemi virus corona. Hal itu diketahui setelah pengumuman terkait kepastian Piala AFF 2020 pada Kamis (30/7/20).

Langkah ini diambil setelah Task Force Committee AFF beberapa kali menggelar pertemuan secara virtual.

Namun demikian, pihak AFF tidak langsung memutuskan tanggal pengganti turnamen dua tahunan ini. Mereka akan memberitahukan lebih lanjut soal ini secepatnya.

Baca juga: Kejuaaran Piala AFF U-16 Dan U-19 Ditunda

“Sejak munculnya Covid-19, AFF terus memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA dan AFC,” ujar Presiden AFF Khiev Sameth dalam pernyataan resminya.

“Pandemi ini menimbulkan tantangan dari segi kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar pada kita semua. Dengan risiko penyebarna covid-19 tetap tinggi, AFF berada dalam situasi tidak dapat melanjutkan Piala AFF 2020 dengan rasa aman.”

Baca juga: Juara di Kejuaraan Dunia Para Atletik 2019 , Evi Dijamu Gubernur Jawa Tengah

Sebelumnya Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menginformasikan terkait penundaan Piala AFF 2020. Dalam pernyataannya, Yunus menyatakan AFF belum menentukan jadwal pengganti turnamen yang seharusnya berlangsung pada 23 November-31 Desember 2020.

Perwakilan AFF sempat mengajukan tawaran terkait opsi pengganti jadwal turnamen mulai Februari atau Maret 2021. Namun, usulan tersebut langsung ditolak PSSI.

“PSSI menolak karena sudah dekat jadwal puasa. Yang kedua Indonesia sedang fokus persiapan Piala Dunia,” ujar Yunus Nusi. (f:cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles