6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Max Verstappen Menangi Balapan ke 150 di GP Kanada

Montreal, MISTAR.ID

Meski digempur habis pembalap Ferrari Carlos Sainz, namun pembalap tim Red Bull Max Verstappen mampu memenangi Grand Prix Kanada, Minggu sekaligus merayakan balapan ke-150 dalam kariernya itu dengan keunggulan 46 poin di puncak klasemen. Pembalap Belanda meraih kemenangan ke-26 dalam kariernya itu setelah finis 0,9 detik di depan pembalap Ferrari Carlos Sainz yang dibuat frustasi.

Sainz memangkas jaraknya dari Verstappen berkat Safety Car, namun tak mendapat cukup celah untuk menyalip mantan rekan satu timnya di Toro Rosso itu. Sainz memboyong satu poin tambahan untuk lap tercepat namun penantian untuk kemenangan pertamanya di F1 masih berlanjut.

“Sangat menyenangkan pada akhirnya. Saya mengerahkan segalanya dan tentu saja, Carlos melakukan hal yang serupa. Saya dapat melihat dia mendorong dan menyerang, tapi ketika Anda menggunakan DRS menyerang itu jauh lebih mudah. Beberapa lap terakhir sangat menyenangkan,” kata Verstappen setelah merebut kemenangan keenam pada musim ini seperti dikutip media.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada: Verstappen Pole, Alonso Posisi Kedua

Kemenangan itu juga menjadi kali keenam secara beruntun bagi Red Bull musim ini. Sainz mengatakan ia mencoba segala cara untuk menang di sirkuit yang menyandang nama mendiang pebalap hebat Ferrari Gilles Villeneuve di Montreal itu.

“Kami sangat-sangat dekat dengan kemenangan hari ini. Saya akan mengambil sisi positifnya dan terus mencoba di balapan selanjutnya,” kata Sainz.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton melengkapi podium di P3 untuk Mercedes. Hasil yang mengejutkan bagi sang pembalap Inggris yang beberapa hari sebelumnya menggambarkan mobilnya susah dikendarai karena memantul-mantul di trek Montreal. Sesama pembalap Mercedes, George Russell juga menuai hasil positif dengan finis P4, mempertahankan tren finis lima besar yang ia lakukan sejak awal musim.

Baca juga: Leclerc Start Paling Belakang di GP Kanada Akibat Penalti Tambahan

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez, sayangnya harus menyudahi balapan pada lap kedelapan karena mengalami masalah mesin dan girboks. Sang pembalap Meksiko tetap berada di peringkat dua klasemen dengan 129 poin.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc, yang mengawali lomba dari P19 karena penalti power unit, mengakhiri hari di P5 dan kini tertinggal 49 poin dari Verstappen. Esteban Ocon dan Fernando Alonso mengamankan P6 dan P7 untuk tim Alpine, di depan duet Alfa Romeo; Valtteri Bottas dan rookie Zhou Guanyu. Lance Stroll merebut satu poin terakhir di P10 untuk Aston Martin. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles