30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Mourinho Cetak Rekor Setelah AS Roma Juara Conference League

Tirana, MISTAR.ID

Jose Mourinho yang sukses membesut klub-klub besar di dunia kembali mencatat sejarah setelah tim asuhannya, AS Roma meraih trofi UEFA Conference League. Ia berhasil menjadi juara di tiga kompetisi berbeda di Eropa, dan tak pernah kalah di partai final.

Pada laga final yang digelar di Tirana, Kamis (26/5/22), Roma mampu mengalahkan Feyenoord lewat gol tunggal Nicolo Zaniolo di babak pertama. Meski ditekan dan harus bermain bertahan pada babak kedua, Giallorossi mampu menjaga keunggulan.

Kemenangan ini terasa sangat manis bagi Roma, sebab mereka sudah puasa trofi sejak 2008. Bagi Mourinho, namanya kembali tercatat oleh tinta sejarah.

Baca juga: Kebangkitan AS Roma Ancaman Bagi Inzaghi

Manajer asal Portugal itu menjadi pelatih pertama yang pernah memenangi Liga Champions, Europa League, dan UEFA Conference League. Ia juga menjadi pelatih pertama yang meraih gelar di Eropa dengan empat klub berbeda.

Sebelum ini, Mourinho sudah memenangi Liga Champions dua kali, yakni bersama Porto pada 2004 dan Inter Milan pada 2010. Ia kemudian memenangi Liga Eropa bersama Manchester United pada 2017, dan sekali bersama Porto saat masih bernama Piala UEFA pada 2003.

Tambahan trofi Conference Legue bersama Roma membuat Mourinho sudah memenangi lima trofi di Eropa. Lima kali tim asuhannya masuk final, ia tak pernah kalah!

Mourinho juga menyamai catatan pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni yang juga memiliki lima trofi dari tiga kompetisi berbeda di Eropa. Pria yang kini berusia 83 tahun itu pernah meraih satu Piala Champions (1985), dua Piala UEFA (1977, 1993), satu Piala Winners (1984) bersama Juventus serta satu Piala UEFA bersama Inter pada 1991. (detik/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: