14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Mengenang Setahun Kematian Legenda Basket Dunia Kobe Bryant dalam Hening

California, MISTAR.ID

Hari ini tepat satu tahun legenda basket dunia, Kobe Bryant berpulang akibat kecelakaan helikopter di California. Banyak pihak masih bersedih kehilangan Kobe Bryant.

Sudah satu tahun Kobe Bryant berpulang. Legenda dunia bola basket dan juga klub LA Lakers itu meninggal karena kecelakaan helikopter di California, 26 Januari 2020. Kobe pergi selamanya bersama putrinya Gianna Maria Onore serta tujuh orang lain termasuk pilot yang menumpang helikopter Sikorsky S-76B saat dalam perjalanan menuju Mamba Academy.

Sebanyak 5 gelar juara NBA dipersembahkan Kobe Bryant dalam kariernya bersama LA Lakers: musim 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010. Di timnas basket Amerika Serikat, Kobe ikut membawa Negeri Paman Sam meraih medali emas pada Olimpiade 2008 dan 2012, serta juara Kejuaraan Amerika 2007.

Baca Juga:Hasil Tes NBA, Dua Pebasket Positif Covid-19

Sederet trofi bergengsi ditambah sederet gelar individu menempatkan Kobe Bryant yang pensiun pada 2016 sebagai salah satu legenda basket. Karena itu, ketika dunia dikejutkan dengan tewasnya Kobe dalam kecelakaan helikopter di perbukitan Calabasas, California, dunia mendadak murung.

Tidak saja dunia basket yang sedih ditinggal Kobe Bryant, bidang olahraga lain, hingga semua pihak yang mengenal Kobe menyesak mendengar kabar pilu tersebut. Salah satunya mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang melabeli Kobe sebagai pemain basket terbaik sepanjang masa.

Dalam dunia musik, penyanyi Justin Bieber dilaporkan sampai merogoh kocek hingga US$1,200 atau sekitar Rp16 juta untuk mendapatkan karya seni yang dibuat untuk mengenang mendiang Kobe Bryant. Tidak ingin ketinggalan, Jennifer Lopez juga memberikan sentuhan angka ‘2’ dan ’24’ pada nail art miliknya. Angka ini nomor punggung milik Gianna dan Kobe. Nail art barunya ini dipamerkan pada sebuah unggahan foto di akun Twitter pribadinya.

Baca Juga:Basket NBA, Lakers Bungkam Knicks

Real Madrid meluangkan waktu untuk mengheningkan cipta sebelum menggelar latihan. Sementara AC Milan juga memberikan penghormatan kepada Kobe lewat monitor raksasa di Stadion San Siro.

Sejumlah petenis yang tampil di Australia Open pada akhir Januari 2020 juga ikut berduka dengan kepergian Kobe. Nick Kyrgios mengenakan jersey Kobe saat pemanasan, sementara petenis muda Coco Gauff menuliskan angka 8 dan 24, nomor jersey Kobe, dengan tulisan Mamba Mentality di sepatunya.

Cinta dan rasa hormat yang terlalu besar untuk Kobe Bryant juga sempat memunculkan petisi yang tembus 1 juta orang itu agar legenda basket tersebut menjadi logo baru NBA. Kini, penghormatan satu tahun kematian Kobe dilakukan dengan hening. LA Lakers tidak akan membuat upacara khusus untuk mengenang salah satu pemain terhebatnya itu.

“Setiap orang memiliki proses berduka mereka sendiri. Setiap orang memahami bahwa setiap individu berbeda. Setiap orang akan berduka secara berbeda,” kata bintang Lakers, LeBron James.

Baca Juga:Basket NBA, Mavericks Kalahkan Warriors

“Ada pepatah yang mengatakan ‘waktu menyembuhkan semua.’ Sama menghancurkan dan tragisnya seperti dulu dan masih bagi kita semua yang terlibat dengannya. Hanya waktu (yang akan membantu). Dan itu membutuhkan waktu,” ucap LeBron menambahkan.

Istri almarhum Kobe, Vanessa Bryant, juga meminta media agar berpikir ulang sebelum menayangkan foto-foto serta video kecelakaan helikopter suami serta anaknya Gianna. “Kami tidak ingin melihatnya,” tulis Vanessa tentang video dan foto kecelakaan tersebut.

“Tahun (2020) kami cukup traumatis. Kami berharap video kenangan dibuat dengan cara yang berkelas dan berselera tinggi yang menghormati kehilangan yang kami alami. Terima kasih,” ucap Vanessa menambahkan.

Meski digelar dalam hening, nama Kobe Bryant akan terus ada. Seperti yang diungkapkan LeBron James, Kobe Bryant adalah legenda yang tidak akan mati. (cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles