10.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Mantul! Desain Race Control Sirkuit Mandalika dengan Atap Istimewa

Jakarta, MISTAR.ID

Terungkap sudah, tanda tanya besar soal wujud race control Sirkuit Mandalika. Baru-baru ini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memamerkan wujud pusat kendali balapan yang desainnya istimewa.

Akun Instagram ITDC memamerkan beberapa foto desain race control Sirkuit Mandalika. Pembangunan race control ini masih terus berjalan, di mana progresnya sudah mencapai lebih dari 80%.

Race control adalah pusat dari seluruh aktivitas balapan yang digelar di sirkuit. Race control merupakan ruangan khusus yang diperuntukkan untuk melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan.

Baca Juga:Siap Jadi Lokasi Balapan MotoGP Indonesia , Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut

Bukan sekadar bangunan biasa. Ruangan race control harus memiliki fasilitas penunjang untuk kerja pengawas balapan dan juga proses siaran langsung race.

Oleh karena itu bangunan race control disyaratkan memiliki peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, jaringan WIFI, CCTV sebanyak 34 buah untuk 17 corner, televisi dengan ukuran 42 inch, light system, timing system dan transponder.

Race Control Building Mandalika International Street Circuit memiliki luas 1.045 m2. Desainnya unik dan istimewa karena memadukan karakter kecepatan dan dinamis. Ada unsur kearifan lokal cerita Putri Mandalika juga dimasukkan dalam bangunan race control ini.

Baca Juga:Legenda MotoGP Terpesona dengan Sirkuit Mandalika

Yang juga terlihat khas dari bangunan race control adalah bagian atapnya.

“Fasad bangunan dengan transformasi bentuk dan material mencerminkan kecepatan dan dinamisme di atas lintasan balap serta artikulasi Atap Nyale mempersatukan gubahan massa Race Control Building dengan bangunan Pit dan Paddock, menciptakan arsitektur yang khas di Mandalika.” Demikian ditulis ITDC pada akun Instagram mereka.

Race control Sirkuit Mandalika dijadwalkan selesai dibangun pada September 2021.

Baca Juga:Valentino Rossi Pembalap Tertua di MotoGP 2021

Selain menjadi pusat pengendali balapan dan markas stasiun televisi yang menyiarkan langsung ke seluruh dunia, bangunan race control juga memiliki akses langsung menuju Pit Lane dan sedekat mungkin dengan Start Line.

Dengan desainnya yang istimewa, bangunan Race Control ini sebagai Landmark bagi Mandalika International Street Circuit. (dtc/hm14)

Related Articles

Latest Articles