10.1 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

KONI dan PERWOSI Gagasi Senam Menjaga Imunitas Warga Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Demi meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat bugar di masa pandemi Covid-19, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) akan mengadakan kegiatan senam bersama untuk warga Kota Pematangiantar.

Ketua KONI Pematangsiantar, Jayadi Sagala mengatakan, olahraga di tengah pandemi Covid-19 tidak mustahil dilakukan. Bahkan semestinya olahraga kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh. Olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh.

“Kami akan bekerjasama dengan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI). Restu dari Pemerintah Kota Pematangiantar melalui Dinas Pariwisata pun sudah kami dapatkan,” ujarnya, Sabtu (18/9/21).

Baca Juga: Enam Atlet Siantar Siap Berlaga di PON XX Papua

Hanya saja, sambung Jayadi, kegiatan ini belum bisa dilakukan sekarang dikarenakan instruktur ataupun pelatih senam tersebut sedang melakukan pelatihan. Rencananya, kegiatan senam itu akan dilakukan di Lapangan Farel Pasaribu (Lapangan Horbo) di Kelurahan Suka Makmur, Kecamatan Siantar Marihat, Pematangsiantar.

Tentang mekanisme waktu dan pelaksanaannya, lanjut Jayadi, akan diatur oleh bagian atau cabang olahraga senam yang ada di KONI. Kegiatan ini juga nantinya akan dilakukan pada setiap kecamatan, terutama tingkat kelurahannya.

“Ada empat instruktur senam yang kami kirimkan untuk pelatihan ke Medan yang akan dipersiapkan untuk kegiatan senam nanti. Pemilihan lapangan horbo sebagai titik awalnya kegiatan tersebut karena fasilitas olahraganya memadai,”jelas dia.

Baca Juga: Jelang PON 2025, KONI Minta Perbaikan Gedung GOR Siantar Segera Diselesaikan

Jayadi menuturkan, olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan.

Ini sebagai langkah ikhtiar agar meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19. Hal itu pun sejalan dengan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yang menjadikan olahraga sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Diharapkan dapat menciptakan negara Indonesia dengan penduduk yang sehat dan bugar.

“Olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang. Yang juga perlu diingat dalam berolahraga di masa pandemi adalah protokol kesehatan yang harus tetap dijaga,” Pungkas Jayadi.(yetty/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles