14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kisah Duka Jeka Saragih, Sang Petarung yang Melaju ke Final Road to UFC

Jakarta, MISTAR.ID
Petarung MMA Indonesia, Jeka Saragih harus mengalami berbagai ujian dalam perjalanannya menuju panggung UFC.

Jeka Saragih mengukir sejarah dengan berhasil melaju ke final Road to UFC. Kepastian itu didapat setelah Jeka mengalahkan Ki Won Bin asal Korea Selatan di ronde 1 semifinal Road to UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (23/10/22) malam.

Namun sebelum melakoni pertandingan Road to UFC Jeka Saragih mendapat berbagai ujian yang mempengaruhi tekad dan kondisi psikologisnya. Salah satunya Jeka ditentang oleh orang tua untuk berkarier di dunia pertarungan seni bela diri.

“Dia gak suka, dari dulu gak suka. Karena dia lebih suka aku ngelamar tentara. Saya coba ngelamar juga kemarin, tapi kalah juga. Sampai piagam saya dari mana-mana gak ada artinya, sampai orang tua saya kesal juga,” kata Jeka dikutip dari detikSport.

Baca juga:Jeka Saragih Menang KO, Begini Reaksi Pendukung di Siantar

“Sampai datang pelatih saya ke rumah, untuk bilang saya terpilih mewakili Sumut. Bapak saya masih gak suka. Sampai iya ngomong dulu, sampai pengurus itu bilang saya akan dapat ini ini, [dibalas] ‘makan saja uangmu itu’.”

Meski tidak didukung oleh orang tua Jeka tetap melanjutkan perjuangannya untuk menjadi pertarung UFC.

Tapi saat dirinya sedang berjuang menuju panggung UFC ujian lain datang yakni ketika ayahnya meninggal dunia saat Jeka sedang bertanding di arena One Pride yang akhirnya menghasilkan tiket Road to UFC. Setelah bertanding di One Pride, Jeka pun langsung pulang kampung.

“Saya tanding, Puji Tuhan menang. Setelah duel, saya pulang, saya ziarah ke tempat orang tua saya,” kata Jeka.

Bukan hanya itu, sebelum tampil di pertandingan perdana Road to UFC Jeka juga kembali diuji dengan kabar neneknya meninggal dunia.

“Pas sampai di kampung, seminggu lagi nenek saya meninggal. Saya akhirnya mengurus katering acara pemakaman, promotor One Pride tiba-tiba nelpon untuk ke Road To UFC, menggantikan atlet dari China,” ujar Jeka.

Baca juga:Jeka Saragih Menang KO pada Ronde Pertama Semifinal Road to UFC

“Saya akhirnya urus sendiri, saya tinggalkan dulu acara di kampung. Ketika teman-teman sudah di Jakarta, saya belum berangkat. Saya asli bertarung di Road To UFC gak ada persiapan,” kata Jeka menambahkan.

Meski kurang persiapan di laga perdana Road to UFC Jeka tetap mampu menang KO atas petarung India Pawan Maan Singh.

Dilanjut, Jeka menang KO atas Ki Won Bin di semifinal Road To UFC hingga membuatnya ke final dan siap membuat sejarah menjadi petarung Indonesia pertama yang mendapat kontrak UFC. (cnn/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles