8.3 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Kevin/Marcus Susul Greysia/Apriyani ke Final Indonesia Open

Bali, MISTAR.ID

Skuad Merah Putih menambah wakilnya di babak final turnamen Indonesia Open 2021 menjadi dua pasang lewat kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Giden di babak semifinal di Nusa Dua, Bali, Sabtu (27/11/21) malam.

Pada babak empat besar di pool atas, pasangan berjuluk Minions mengemas kemenangan dua gim langsung 21-16, 21-18 atas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

Memulai pertandingan, Minions dengan segera memberikan tekanan pada lawannya dengan tujuan bisa bermain lebih singkat dibanding pertandingan sebelumnya yang berlangsung secara rubber game. Cara ini terbukti efektif menciptakan keunggulan, meski masih menerima serangan balik dari lawan yang masih punya mental juang tinggi.

Di gim poin pertama, Minions tak bisa segera menyudahi gim pertama karena melakukan dua kesalahan. Skor yang semula 20-14, berubah menguntungkan bagi Rankireddy/Shetty dengan tambahan dua poin menjadi 20-16.

Baca Juga:Ganda Putri Greysia/Apriyani ke Final Indonesia Open

Namun beruntung, satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putra ini tak menciptakan hat-trick karena pada kesempatan ketiga sukses menutup kemenangan gim pertama dengan 21-16 setelah berjuang 18 menit.

Permainan Kevin/Marcus di gim kedua berjalan lebih sulit karena ganda putra peringkat ke-11 itu mengganti strateginya dengan bertahan dan memilih memainkan reli-reli panjang yang menguras waktu dan tenaga.

Indonesia tertinggal 3-6 dari India, karena Rankireddy/Shetty sudah mempelajari kesalahan di gim pembuka sehingga tak mau lagi melempar drive dan dropshot yang dengan mudah dihalau Kevin/Marcus.

Akan tetapi saat skor 6-8, Kevin/Marcus kembali mengejar dan mengubah kedudukan jadi imbang 8-8. Pada momen ini Rankireddy/Shetty menyadari bahwa ganda putra sudah mengganti teknik permainan dan kedua pasangan pun terlibat adu smes dan pengembalian di zona depan.

Baca Juga:Setelah 19 Tahun, Indonesia Akhirnya Bawa Pulang Piala Thomas

Dropshot yang sempat absen dari permainan Rankireddy/Shetty, kembali dimainkan untuk meladeni Kevin/Marcus yang nenaikkan tempo serangan. Meski begitu, masuk interval kedua keunggulan masih dipegang India dengan skor 13-16.

Kevin/Marcus tak tinggal diam dan terus mengejar ketertinggalan. Lewat adu netting yang ketat, Minions pun berbalik unggul 18-17 atas Rankireddy/Shetty.

Minions terus mencengkeram keunggulan hingga gim poin 20-18. Kepastian Indonesia menempatkan wakil keduanya di Indonesia Open pun tercipta saat Rankireddy bola pukulannya menabrak dalam upaya pengembaliannya dan menggenapkan kemenangan dengan skor akhir 21-18.

Tinggal satu lagi wakil Indonesia yang masih berjuang untuk menyusul Greysia/Apriyani dan Kevin/Marcus, ialah Jonatan Christie dari nomor tunggal putra yang masih bertanding melawan Viktor Axelsen dari Denmark.(antara/hm01)

Related Articles

Latest Articles