8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Jelang Euro 2020, Timnas Spanyol Divaksinasi Tentara Akibat Krisis Covid-19

Madrid, MISTAR.ID

Timnas Spanyol sedang harap-harap cemas setelah dua punggawanya dinyatakan terpapar Covid-19 menjelang laga pembuka Euro 2020 kontra Swedia pada 15 Juli mendatang. Akibatnya, skuat La Furia Roja akan divaksinasi oleh tentara.

Pertama adalah kapten tim Sergio Busquets yang dinyatakan positif hari Minggu lalu, usai pertandingan kontra Portugal. Dia langsung diisolasi dan tim pun menjalani protokol serupa meski hasil tesnya negatif.

Dua hari berselang, Diego Llorente giliran yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Dua pemain positif corona membuat Spanyol dalam kesulitan sehingga harus menurunkan tim U-21 saat menghadapi Lichtenstein di laga uji coba terakhir kemarin.

Baca juga: Bek Real Madrid, Sergio Ramos Dicoret dari Timnas Spanyol

Padahal para pemain U-21 sedang berlibur usai tersingkir di semi final Piala Eropa pekan lalu. Sementara, pelatih Luis Enrique malah memanggil lima pemain tambahan untuk jaga-jaga andaikan ada lagi pemain Spanyol yang terpapar virus corona.

Dengan jarak lima hari menuju laga Swedia, Spanyol tentu berharap tidak ada lagi kasus positif di tim tersebut. Maka itu, menurut laporan RTVE, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan Kementerian Olahraga dan Kebudayaan mendesak vaksinasi darurat untuk para pemain Spanyol.

Sebab hal itu penting demi keamanan seluruh pemain serta staf pelatih di dalamnya. Desakan ini sejatinya sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu, mengingat kontingen Spanyol untuk Olimpiade 2020 sudah divaksinasi. Akhirnya lampu hijau didapat dari Kementerian Kesehatan, Rabu (9/6/21).

Meski demikian, belum dipastikan apakah para pemain Spanyol akan menerima vaksinasi satu kali atau dua kali suntikan. Nantinya, vaksinasi dilaksanakan oleh Angkatan Bersenjata Spanyol di markas latihan Tim Matador. Sebab, para pemain masih dikarantina serta menjalani program latihan individu. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles