5.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Jack Miller Juara MotoGP Jepang 2022, Bagnaia Kecelakaan

Motegi, MISTAR.ID

Jack Miller menjadi yang tercepat dan keluar sebagai pemenang MotoGP Jepang 2022, Minggu (25/9/22) dalam balapan yang diwarnai drama sepeda motor Suzuki terbakar, Marc Marquez finis empat, dan Francesco Bagnaia kecelakaan.

Drama sudah terjadi sebelum balapan mulai. Aleix Espargaro yang mengalami masalah dengan sepeda motor saat melakukan warm-up lap harus masuk pit dan start dari posisi belakang karena melakukan pergantian sepeda motor.

Insiden itu membuat persaingan gelar juara dunia sedikit terkikis karena harus start dari belakang. Laporan komentator MotoGP menyebut Aleix mengalami masalah dengan perangkat elektronik sebelum start.

Baca juga: MotoGP Jepang 2022: Fabio Quartararo Mulai Pulih, Siap Tampil Habis-habisan

Di awal start Marc Marquez sebenarnya mampu memulai dengan bagus. Namun pembalap Repsol Honda itu langsung melorot ke posisi tiga usai lap pertama setelah disalip Brad Binder dan Jorge Martin. Perubahan pimpinan terjadi pada lap keempat. Miller sukses menyalip Martin dan memimpin balapan MotoGP Jepang 2022.

Fabio Quartararo tidak beranjak dari posisi delapan hingga lap ke-12. Di lap itu untuk kali pertama Francesco Bagnaia masuk posisi sepuluh besar setelah melewati Pol Espargaro.

Drama terjadi pada lap ke-13. Sepeda motor pembalap Suzuki yang menggantikan Joan Mir, Takuya Tsuda, terbakar dan harus berhenti balapan. Dengan sepeda motor terbakar, ada kemungkinan oli tercecer di trek. Kondisi itu bisa membuat balapan berhenti karena red flag. Namun Race Direction memutuskan untuk melanjutkan balapan.

Baca juga: Jelang MotoGP Jepang, Kebakaran Hebat Terjadi di Sirkuit Motegi

Memasuki empat lap terakhir persaingan antara Quartararo vs Bagnaia terjadi usai Pecco berhasil melewati Enea Bastianini di posisi sembilan. Di dua lap terakhir Miller sudah unggul lebih dari lima detik dan semakin sulit dikejar.

Perebutan gelar juara dunia juga terjadi drama ketika Bagnaia jatuh di lap terakhir saat berusaha menyalip Quartararo. Miller akhirnya menang MotoGP Jepang 2022 dengan mengalahkan Brad Binder dan Jorge Martin. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles