7.4 C
New York
Tuesday, March 26, 2024

IOC Kucurkan Rp12 Triliun Akibat Penundaan Olimpiade Tokyo

Tokyo, MISTAR.ID

Untuk mengatasi kesulitan finansial akibat pandemi virus corona yang menyebabkan penundaan Olimpiade Tokyo selama setahun, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengucurkan dana sebesar 800 juta dolar AS (sekitar Rp12 triliun).

“Kami telah membahas dampak keuangan ini. Anda bisa bayangkan betapa itu tidak mudah karena melakukan perencanaan di saat seperti ini sangat sulit akibat ketidakpastian yang Anda temui,” ujar Presiden IOC Thomas Bach dikutip AFP, Sabtu (16/5/20).

Dilansir laman Olympic, jumlah tersebut meliputi 650 juta dolar AS (sekitar Rp10 triliun) untuk penyelenggaraan Olimpade, sedangkan 150 juta dolar AS (sekitar Rp2 triliun) ditujukan untuk Federasi Internasional (IF), Komite Olimpiade Nasional (NOC) dan organisasi lainnya yang diakui IOC.

“Tidak ada yang tahu seperti apa dunia besok. Ini prosedur perencanaan yang bertahap.”

Dana bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan kepada para atlet, dan diharapkan dapat membantu NOC dan organisasi olahraga agar bisa kembali melanjutkan kegiatan mereka menuju Olimpiade.

“Olympic Movement sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. IOC harus menyelenggarakan Olimpiade yang ditunda untuk pertama kalinya,” kata Presiden IOC Thomas Bach.

Olimpiade Tokyo diputuskan ditunda dan akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021. Namun, muncul wacana apabila pesta olahraga empat tahunan itu akan dibatalkan jika pandemi tak kunjung berakhir di tahun depan.

Menanggapi hal tersebut, Bach enggan berspekulasi terkait kemungkinan penundaan lebih lanjut.

“Kami masih punya waktu satu tahun dua bulan lagi jadi masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan,” ucapnya.

Sumber : Antara
Editor : Manson P

Related Articles

Latest Articles