8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Indonesia Pimpin Peroleh Medali Emas di ASEAN Para Games 2022

Solo, MISTAR.ID

Kontingen Indonesia bercokol di puncak klasemen perolehan medali sementara ASEAN Para Games 2022.

Dari data Indonesia ASEAN Para Games Organization Committee (INASPOC), kontingen Indonesia memimpin perolehan emas dengan mengumpulkan 203 medali per Rabu (3/8/22) malam hingga pukul 21.00 WIB. Kontingen Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara perolehan medali dengan raihan 87 emas, 66 perak dan 50 perunggu

“Perolehan medali kontingen Indonesia ini sesuai harapan dan prediksi kami. Terutama untuk cabang olahraga (cabor) yang berpotensi meraih emas,” kata Ketua Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2022, Andi Herman.

Baca juga:Indonesia Targetkan 105 Medali Emas di ASEAN Para Games 2022

Cabor para atletik, misalnya, selama 2 hari mampu mendulang 27 medali emas dari berbagai nomor. Adapun para renang mendapatkan 10 emas, para catur dan blind judo masing-masing 4 emas serta para badminton nomor beregu meraih 1 emas.

Dengan hasil tersebut, Andi yakin jika target juara umum dan perolehan.

“Apalagi sejauh ini ada rekor baru dan perolehan emas tak terduga, dari atlet muda yang bahkan sebelumnya sama sekali tidak ditarget emas,” terang Andi.

Pelari Saptoyogo Purnomo mengaku bangga dengan perolehan medali-medali tersebut. Demikian pula pemain basket kursi roda 3×3, I Komang Suparta, kendati timnya baru bisa menyumbangkan perunggu.

Baca juga:Para Atletik Indonesia Sumbang 30 Medali Emas di APG 2022

“Saya sangat gugup, deg-degan karena baru pertama kali bermain di ASEAN Para Games. Saya berterima kasih kepada suporter yang sudah mendukung saya dan teman-teman,” kata dia.

Seturut laporan resmi dari panitia penyelenggara kejuaraan dua tahunan khusus disabilitas, emas kontingen Indonesia itu di antaranya disumbang atlet dari cabang olahraga para atletik, blind judo, catur, tenis meja, renang hingga bulu tangkis. (f:bbs/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles