8.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah F1, Bintan dan Mandalika Jadi Lokasi Pilihan

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia bakal menjadi tuan rumah perhelatan balapan kelas dunia. Yang sudah dipastikan adalah World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Tak cuma balapan motor, Indonesia juga bakal menggelar balap Formula 1.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu bilang, ada dua opsi lokasi yang akan menjadi tuan rumah F1.

“IMI sendiri memiliki rencana-rencana besar. Sebentar lagi akan masuk pada tahap persiapan kita untuk bekerja sama dengan pengelola Pulau Bintan, dan investor dari Singapura. Akan kita bangun sirkuit F1 di sana,” kata Bamsoet dalam acara konferensi pers kerja sama antara MGPA, IMI dan Dyandra Promosindo dalam penjualan tiket WSBK 2021, Selasa (19/10/21).

Baca Juga:Alex Albon Kembali ke F1 Tahun Depan

Bamsoet melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyampaikan pesan kepadanya soal keinginan Indonesia menggelar F1. Pesan dari Jokowi, jika WSBK dan MotoGP di Mandalika sukses, tak menutup kemungkinan pemerintah membuka peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah F1.

“Pak Presiden pernah menyampaikan kepada saya, kalau kegiatan MotoGP ini berlangsung dengan baik dan bagus, maka tidak menutup kemungkinan pemerintah akan meningkatkan sirkuit ini menjadi sirkuit F1 di Mandalika,” ujar Bamsoet.

“Menurut saya semakin banyak sirkuit maka semakin bagus buat kita. Bisa kita buat seri dari mulai Bintan sampai Mandalika,” sambungnya.

Baca Juga:George Russell Jadi Tandem Lewis Hamilton di F1 2022

Tak cuma WSBK, MotoGP dan F1, Bamsoet mengatakan pihaknya juga menyiapkan beberapa lokasi pusat kegiatan otomotif. Salah satunya di Tanjung Lesung.

“Kita juga siapkan Tanjung Lesung sebagai pusat kegiatan otomotif baru. Multisport, mulai dari dragrace, dragbike, motocross, offroad, itu ada nanti di Tanjung Lesung, di atas tanah seluas 83 hektare,” jelas Bamsoet. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles