7.5 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Hari Pertama Car Fee Day, Masyarakat Berolahraga Padati Jalan Sudirman-Thamrin

Jakarta, MISTAR.ID

Masyarakat berolahraga, Minggu (21/6/20) pagi kembali terlihat memadati jalan Sudirman sampai Jalan Thamrin, Jakarta. Aktifitas yang sempat lama terhenti akibat pandemi Covid-19 ini kembali ramai pada hari pertama bebas kenderaan bermotor atau Car Free Day.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 07.30 Wib pada hari pertama itu CFD lebih diramaikan pengunjung yang ingin berolahraga, dan didominasi pengemudi sepeda ketimbang yang berlari. Selain orang dewasa juga banyak anak kecil yang turut berolahraga di sepanjang jalan.

Area samping Gelora Bung Karno dan FX Sudirman juga dipadati pengunjung CFD. Sejumlah pedagang makanan sampai masker pun terlihat menjajakan barangnya di pinggir jalan.

Baca Juga: Studi Baru: Olah Raga Melindungi Anda Dari Komplikasi Mematikan Covid-19

Karena padat pengunjung, jaga jarak pun tak banyak diterapkan. Terutama bagi pejalan kaki di pinggir-pinggir jalan yang mengekor ketika ingin memasuki Jalan Sudirman.

Hampir semua pengunjung memakai masker. Namun beberapa terlihat membuka masker ketika tengah makan atau beristirahat.

Terdapat beberapa petugas Dinas Perhubungan yang berjaga di area Jalan Sudirman. Mereka menghimbau para pengunjung agar memakai masker.

Baca Juga: Olahraga Pakai Masker, Berakibat Fatal Untuk Paru-paru

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya mengerahkan 500 personel untuk menjaga perhelatan CFD pertama di tengah pandemi corona.

Mereka berjaga di sepanjang jalan mulai dari Patung Kuda Monas sampai Patung Pemuda Senayan. Arifin mengatakan mereka diinstruksikan untuk menjaga kerumunan dan memastikan lansia, anak-anak dan ibu hamil tidak CFD, dan agar semua pengunjung memakai masker.

“Apabila tidak menggunakan masker anggota kami Satpol PP tidak segan-segan untuk melakukan penindakan, sanksi Rp250 ribu,” tuturnya ketika dikonfirmasi.

Untuk menghindari kerumunan, ia mengatakan jalur pengemudi sepeda diperluas menjadi tiga jalur. Biasanya hanya dibuka satu jalur untuk pengemudi sepeda.

Dengan begini, katanya, pengemudi sepeda tidak akan bertumpuk di satu jalur. Dan pejalan kaki diberikan satu jalur di paling kiri jalan dan di trotoar.(CNN/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles