13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Ganda Putra Bulutangkis Indonesia Fajar/Rian Kalah di Final Korea Open 2022

Seoul, MISTAR.ID

Akhirnya, tim bulutangkis Indonesia gagal meraih gelar juara di Korea Open 2022 setelah tim ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui keunggulan Kang Minhyuk/Seo Seungjae (Korea Selatan) di final Korea Open 2022. Fajar/Rian kalah 21-19, 15-21, 18-21. Dalam partai puncak ganda putra di Palma Stadium, Minggu (10/4/22) siang WIB, Kang/Seo yang baru digabungkan tahun 2021 berhasil meraih poin duluan. Tapi Fajar/Rian langsung bisa menyamakan.

Selepas kedudukan 3 sama, Kang/Seo mengungguli Fajar/Rian yang terus meladeni permainan ganda tuan rumah agar jarak poin tidak terlalu jauh. Lima kali ‘Fajri’ memperkecil jarak jadi satu poin saja, selepas imbang 3-3, tapi belum kunjung bisa menyamai lawan. Kang/Seo unggul 11-8 saat interval gim pertama, dengan 8 menit sudah terlewati sejauh ini.

Kang/Seo yang masih terus tampil agresif berhasil memenangi reli untuk kemudian memimpin 16-11 atas Fajar/Rian, dalam rentetan tiga poin beruntun dari pasangan tuan rumah itu. Fajar/Rian memperlihatkan aksi-aksi ciamik untuk merebut poin demi menipiskan ketinggalan dalam kedudukan 14-16. Dua poin lagi kemudian mereka tambahkan, dalam laju lima poin beruntun, untuk membuat skor jadi 16 sama!

Baca juga: Pebulutangkis Indonesia Shesar Rhustavito ke Perempat Final Korea Open

Laju ‘Fajri’ belum terhenti. Fajar juga menambah poin lagi untuk unggul 17-16, walaupun setelah itu Kang/Seo bisa langsung menyamakan skor 17 sama. Fajar/Rian pada
prosesnya sampai ke game point di gim pertama ini. Kang/Seo sempat menghidupkan asa, tapi ‘Fajri’ tak membuang peluang berikutnya untuk merebut gim pertama 21-19 dalam 21 menit.

Di gim kedua, Fajar/Rian ketinggalan duluan sampai 0-3 sebelum akhirnya bisa menyetop laju lawan dalam meraih poin. Kang/Seo tampak memperlihatkan performa agresif seperti halnya di awal gim pertama. Agresivitas Kang/Seo pada prosesnya membawa mereka memimpin sampai tujuh angka dalam kedudukan unggul 11-4 atas Fajar/Rian, saat interval
gim kedua.

Empat poin beruntun dari ‘Fajri’ selepas interval membuat pasangan Indonesia ini berhasil memangkas selisih jadi 9-12. Tapi setelah itu Kang/Seo mampu memutus laju tersebut
dan memimpin dengan 13-9. Sebuah kesalahan pengamatan dari Rian membuat Kang/Seo unggul 14-9. Tapi Rian langsung melunasi kesalahan, dengan pasangan Indonesia menambah poin dalam kedudukan 10-14.

Servis-servis Kang Minhyuk beberapa kali merepotkan Fajar/Rian dalam usahanya mengejar. Pasangan Korea sebaliknya terus melaju dan sampai ke game point gim
kedua, 20-14. ‘Fajri’ sempat menambah angka, tapi akhirnya harus merelakan gim kedua ini. Kang/Seo menang 21-15. Masuk ke gim penentu.

Baca juga: Pebulutangkis Indonesia Shesar Rhustavito ke Perempat Final Korea Open

Di gim ketiga, Kang/Seo masih dalam momentum dari gim sebelumnya dengan Fajar/Rian terus berusaha meladeni sembari mencari bentuk terbaiknya. Perlahan-lahan, ‘Fajri’
bisa menyamai pada kedudukan 4 sama.

Kang/Seo lantas memang sempat kembali bisa meraih keunggulan. Tapi kengototan Fajar/Rian membawa skor unggul ladi dalam kedudukan 8-8, setelah sempat ketinggalan tiga angka. Kang/Seo pada prosesnya masih unggul 11-9 saat interval gim penentu final Korea Open 2022 nomor ganda putra. Fajar/Rian sempat mendekat 14-15, tapi Kang/Seo menjauh lagi lewat tambahan dua angka beruntun. ‘Fajri’ juga meraih poin usai reli panjang 34 shot dalam kedudukan 16-18.

Namun, Kang/Seo akhirnya berhasil menutup permainan dengan 21-18, membuat Fajar/Rian harus menelan kekalahan di final. Hasil ini membuat Indonesia gagal membawa pulang satu gelar juara pun dari Korea Open 2022 dan harus puas jadi runner-up. Sebelumnya Jonatan Christie juga kandas di final. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles