12.5 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Emilia Nova Didapuk Jadi Pembawa Bendera Merah Putih di SEA Games Vietnam

Hanoi, MISTAR.ID

Atlet lari gawang putri, Emilia Nova menjadi atlet wanita pertama Indonesia yang dipercaya menjadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 Vietnam yang akan dilaksanakan pada 12 Mei mendatang.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya rekam jejak dia dalam multicabang dua tahunan itu. Apalagi SEA Games tahun ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia setelah cedera.

“Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry dalam siaran pers, Selasa.

Baca juga: Pemprovsu Lepas Atlet Sumut Berlaga di SEA Games Vietnam

Emil, sapaan akrab Emilia, memiliki prestasi cukup dalam keikutsertaanya pada multievent. Ia pernah meraih medali perak pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Ferry menuturkan bahwa Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” jelas dia.

Baca juga: Mantan Pelari Sumut dan Nasional, Suryati Marija Meninggal Akibat Kecelakaan

Sementara itu, Emil mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games sekaligus menjadi perempuan Indonesia pertama yang membawa bendera dalam ajang tersebut.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” kata peraih emas lari gawang 100m SEA Games 2019 itu.(ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles