6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Bravo! Eintracht Frankfurt Juara Liga Eropa

Sevilla, MISTAR.ID

Eintracht Frankfurt akhirnya mengukuhkan diri menjadi juara Liga Europa 2021/2022 setelah menang adu penalti 5-4 atas Rangers. Skor berimbang 1-1 selama 120 menit di partai final yang digelar di Ramon Sanchez Pizjuan pada Kamis dini hari WIB.  Rangers memimpin dulu melalui Joe Ayodele-Aribo sebelum dibalas Frankfurt melalui gol Rafael Borre, demikian catatan laman resmi UEFA.

Peluang serius pertama tercipta pada menit ke-12. Daichi Kamada menusuk di sisi kiri dan upayanya dihalau Allan McGregor. Bola pantulan dikuasai Djibril Sow, tetapi tembakannya terlalu lemah untuk menaklukkan kiper Rangers.

Ancaman lainnya ke gawang Rangers delapan menit berselang. Kali ini Ansgar Knauff yang menusuk dari kanan, lalu bergerak memotong ke tengah. Dia menembak dengan kaki kiri dan McGregor menepis bola ke luar lapangan. Jesper Lindstrom gagal menyambar umpan korner Filip Kostic dengan sempurna. Bola jatuh ke Evan Ndicka, yang tembakannya masih melenceng.

Baca juga: Singkirkan West Ham, Frankfurt-Rangers Bentrok di Final Liga Eropa

Pada menit ke-26, Rangers menekan lewat tembakan Joe Aribo setelah menerima bola hasil kesalahan Ndicka. Namun, upayanya masih meluncur tipis ke samping kiri. Peluang Kostic pada menit ke-31 masih berakhir di samping gawang Rangers. Tak lama kemudian, tusukannya juga berakhir dengan peluang yang melebar.

Peluang dari sepak pojok untuk Rangers pada menit ke-37. Umpan Borna Barisic ditanduk John Lundstram ke arah gawang, namun ditepis Kevin Trapp ke atas gawang. Di injury time babak pertama, Rangers mendapatkan kans emas. Ryan Jack dalam posisi bebas menembak dari depan kotak penalti, tetapi melambung. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Tiga menit babak kedua berjalan, peluang diciptakan Frankfurt. Lindstrom menembak dari tepi kotak penalti dan bola membentur Glen Kamara hingga membuat McGregor mati langkah. Namun, bola masih menyamping dari gawang bola cuma berakhir di samping gawang Rangers.

Frankfurt meminta penalti pada menit ke-52 setelah Connor Goldson dianggap menjatuhkan Borre. Wasit tidak menganggapnya pelanggaran, demikian juga setelah mengecek Video Assistant Referee (VAR) . Rangers memimpin pada menit ke-57. Sow salah mengantisipasi bola yang datang dan justru membuatnya mengarah ke gawang sendiri.

Baca juga: Ditahan Imbang Rangers, Borussia Dortmund Tersingkir dari Liga Eropa

Aribo sigap membaca situasi dan mengejar bola, sementara Tuta yang mengawalnya malah terjatuh. Aribo pun dengan cukup leluasa menghadapi kiper dan menaklukkannya dengan tembakan mendatar. Skor menjadi 1-0.

Teringgal, Frankfurt langsung menekan pertahanan Rangers dan menciptakan peluang pada menit ke-60 lewat sepakan Lindstrom yang masih membentur tubuh Calvin Bassey. Peluang bagus buat Frankfurt pada menit ke-67. Kamada dalam posisi bebas menerima umpan dari Sebastian Rode dan tinggal menghadapi kiper. Namun, sontekannya terlalu tinggi di atas gawang.

Usaha Frankfurt membuahkan hasil dua menit berselang. Borre menemukan celah di antara bek Rangers ketika Filip Kostic mengirim umpan silang mendatar, dan sukses membelokkan bola ke gawang untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Baca juga: Singkirkan West Ham, Frankfurt-Rangers Bentrok di Final Liga Eropa

Sepakan Jens Hauge pada menit ke-77 belum menemui sasaran untuk Frankfurt. Bola masih melesat ke atas gawang. Frankfurt terus melancarkan tekanan, tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Sampai babak tambahan usai, gol pembeda kedua tim tak kujung tercipta. Adu penalti menjadi penentu gelar juara. Penendang keempat Rangers, Aaron Ramsey, gagal setelah tembakannya dihalau kiper. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles