15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

505 Atlet akan Bersaing di Kejurprov PBSI Sumut 2021 setelah 2 Tahun Vakum

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 505 atlet dari seluruh kabupaten/kota di Sumut akan bersaing dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Utara (Sumut) 2021. Event yang resmi dibuka, Minggu (26/12/21) itu, akan berlangsung selama lima hari hingga Kamis (30/12/21) mendatang.

Ketua Umum (Ketum) PBSI Sumut Suripno Ngadimin mengatakan, sudah lama atlet menantikan event setelah hampir dua tahun vakum. “Kejuaraan ini sempat vakum hampir dua tahun karena pandemi, dimana terakhir digelar tahun 2019. Kita bersyukur di penghujung akhir tahun ini dapat kita gelar kembali,” ujarnya.

Suripno menyebutkan, ada peningkatkan signifikan jumlah atlet bulutangkis Sumut yang terdaftar di Sistem Informasi (SI) PBSI. Dari sebelumnya hanya 208 atlet, kini sudah hampir mencapai 1.400 atlet.

Baca juga: Indonesia Raih Satu Emas Kejuaraan Dunia Taekwondo

“Sejak awal periode saya 2018 lalu sampai akhir tahun 2021 atau pada penghujung periode saya ini, total sudah mencapai 1.369. Ini meningkat hampir 700 persen,” katanya. Suripno juga membeberkan beberapa prestasi yang diraih atlet bulutangkis Sumut di berbagai kejuaraan nasional (Kejurnas).

“Mulai dari open (kejuaraan) di Kepri, Inhil, Kendari, Gorontalo dan terbaru di Jambi. Rata-rata itu kita meraih emas, dari berbagai kategori seperti pra usia dini, usia dini, anak-anak, pemula dan remaja,” ungkapnya.

Wakil Ketua Umum (Waketum) I KONI Sumut Agung Sunarno mewakili Ketua Umum (Ketum) John Ismadi Lubis mengapresiasi animo peserta Kejurprov PBSI Sumut tahun ini yang sangat tinggi. Ia juga meminta PBSI Sumut mempersiapkan atletnya untuk PON 2024.

“Kami dari KONI Sumut sangat mengapresiasi, karena ini merupakan calon-calon atlet masa depan Sumatera Utara,” ucapnya. Agung mengatakan, Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Menurutnya, bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga (Cabor) yang di pertandingkan dan pihaknya ingin PBSI Sumut berprestasi.

Baca juga: Indonesia di Urutan ke-13 Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Supardi dalam laporannya menyebutkan, kejuaraan ini diikuti lebih dari 505 atlet dari 19 Pengkab-Pengkot PBSI se-Sumut. Dimana pendaftaran kejuaraan ini secara online dengan SI PBSI.

“Ada 21 nomor yang pertandingan, mulai dari pra usia dini sampai dewasa. Para pemenang akan mendapat medali, uang pembinaan, sertifikat, serta piala bergilir untuk juara umum,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles