9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

197 Atlet Asal Sumut Ikuti 28 Cabor di PON XX Papua

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 197 atlet asal Sumatera Utara (Sumut) akan diberangkatkan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan dihelat pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut kini tengah difokuskan pada fase Tahap Persiapan Khusus (TPK). Kemudian Juli-Agustus akan masuk pada fase try out dan try in (pra kompetisi). Sementara September ke Oktober sudah harus fokus ke kompetisi.

“PON Papua kita membawa 197 atlet dan ini sudah kita SK-kan. Kemudian ada 68 pelatih dan official, sementara dari KONI official induknya sekitar 30 orang,” ujar Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/6/21).

Baca Juga:7 Atlet Asal Siantar Diberangkatkan Ikuti PON XX di Papua

Persiapan sudah dikebut sejak 2020. Para atlet, juga sudah mengikuti Platda jangka panjang. Dari 600 medali yang diperebutkan di PON Papua, John meyakini raihan Sumut akan jauh lebih baik dari PON Jabar yang dihelat pada 2016 silam.

“Kita yakin atlet yang berhasil di Jabar, juga bisa menunjukkan prestasinya di Papua. Paling tidak jumlah perolehan naik lah. Kalau target Pengprov jauh lebih tinggi malah. Tapi kita realistis melihatnya, ditambah lagi informasinya tidak ada penonton saat PON berlangsung,” ungkapnya.

Sumut sendiri, akan mengikuti 28 cabang olahraga (cabor). Adapun cabor yang diprediksi mendulang medali untuk kategori individu diyakini datang dari cabang olahraga beladiri, seperti Tinju, Karate dan Wushu. “Kalau untuk cabang beregu, kita meyakini sepakbola dan volly bisa berbuat banyak di sana,” pungkasnya.

Baca Juga:Atlet Putra MIS Dominasi Selekda PON Tingkat Sumut Cabang Sepatu Roda

Diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan tetap dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Tata cara pelaksanaan juga terus dikaji. Termasuk di dalamnya opsi tentang pelaksanaan PON tanpa penonton, penyediaan kapasitas penonton hanya sebagian, atau tetap dilaksanakan secara normal. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles