30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Warga Miskin Lansia di Tiga Dolok Dapat Bantuan dari Dinsos Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyambangi sekaligus membantu masyarakat di Huta Buntu Bartong Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Rabu (3/8/22).

Bantuan tersebut berupa sembako yang diberikan langsung oleh Kadis Sosial Sakban Saragih kepada masyarakat miskin lanjut usia (lansia), atas nama Marga Siallagan/ Boru Nainggolan diwakili kepala dusun (gamot) Buntu Bartong Ridwan Rajagukguk.

Pemberian bantuan tersebut merupakan tindaklanjut, laporan Forum Orang Miskin Kota Medan (Formikom) Kabupaten Simalungun, tentang adanya masyarakat miskin lansia di Huta Buntu Bartong Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga:PT STTC Kembali Menjalin Tali Asih, Kali Ini Salurkan Bantuan Sembako di Panti Jompo Rantau Prapat

Gosmas Sitio, selaku Kaur Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Nagori Tiga Dolok mengatakan, masyarakat miskin lansia yang menerima bantuan di Nagori Tiga Dolok telah dimasukkan dalam verifikasi dan validasi (Verval) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan masuk dalam lansia PKH (Program Keluarga Harapan).

Dalam kesempatan itu, Kadis Sosial Simalungun Sakban Saragih menjelaskan tentang Verval DTKS tahun 2022 yang baru selesai dilaksanakan.

Sakban mengatakan, musyawarah desa/nagori menjadi dasar penentuan siapa yang diusulkan mendapatkan bantuan sosial. “Karena peserta musyawarah itu yang tahu siapa yang miskin di nagori tersebut,” sebutnya.

Dijelaskan Sakban, peserta musyawarah desa terdiri Gamot, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pangulu, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Maujana, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat nagori.

Baca Juga:Korban Banjir di Sergai Mendapat Bantuan Sembako

“Verifikasi dan validasi DTKS diawali dari musyawarah nagori, hasil musyawarah dibuat berita acara kemudian data dalam bentuk template dikirim ke Dinsos Simalungun melalui kecamatan,” ujarnya.

Menurut Sakban, data template tadi di input Dinas Sosial ke aplikasi SIKS NG (Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation).

“Kalau data tidak bermasalah maka diterima oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi). Dan data yang bermasalah ditolak dan diperbaiki,” ujar Sakban sembari menjelaskan, bahwa setelah diterima Pusdatin, data ditetapkan oleh Menteri Sosial dan dikeluarkan By Name By Address (BNBA)-nya.

Usai menyambangi dan memberikan bantuan keluarga ini, rombongan kemudian menyambangi kediaman Bestan br Sinaga.

Baca Juga:Yayasan Anak Yatim dan ODGJ Galang Diberi Bantuan Sembako

Bestan br Sinaga, salah seorang lansia di nagori yang sama dalam kondisi lumpuh. Bestan bermohon agar Dinas Sosial memberinya kursi roda. Permohonan tersebut direspon Kadis Sosial dan akan berupaya merealisasikannya. “Mudah-mudahan bisa kita berikan tahun ini,” ujarnya.

Sementara Ketua Formikom Simalungun Lipen Simanjuntak menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial yang telah merespon laporan mereka. “Terima kasih atas kehadirannya, semoga permohonan bapak ibu ini segera terealisasi,” harapnya. (roland/rel/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: