28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

SMKN Silimakuta dan SMKN Pariwisata Panei Tongah Segera Dibangun di Simalungun

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dua unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yaitu SMK Negeri Silimakuta dan SMK Negeri Pariwisata Panei Tongah akan segera dibangun di Kabupaten Simalungun untuk menampung jumlah siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tiap tahun meningkat. Sejauh ini di Simalungun ada 6 SMK Negeri dan 20 SMA Negeri.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Siantar, James Andohar Siahaan mengatakan, 6 SMK Negeri yang ada di Kabupaten Simalungun belum mampu menampung jumlah lulusan SMP di daerah tersebut meskipun ada penyerapannya pada SMK swasta, namun masih belum mencukupi. Karenanya, pihaknya mengajukan penambahan gedung baru SMK Negeri dengan mengutamakan daerah yang jumlah penduduknya lebih padat.

“Dalam pengajuan itu ada perencanaan yang dilengkapi dengan data pendukung, termasuk jumlah SMP yang meluluskan muridnya tiap tahun dan berapa yang terserap di sekolah lanjutan atas,”kata James, Senin (23/5/22).

Baca juga: Jumlah Pendaftar PPDB 2022 Online SMA dan SMK Capai 7.190 Tahap Pertama

Lebih lanjut James menyebutkan, ada pun dua gedung baru SMK Negeri yang akan segera berdiri di Kabupaten Simalungun yakni, SMK Negeri Silimakuta dan SMK Negeri Pariwisata Panei Tongah. Sudah dalam tahap pengumuman pemenang konsultan perencana, sudah diberikan kontrak.

“Ada dua rekanan yang sudah masuk, untuk progres berikutnya di bulan Juni 2022 minggu kedua kita akan menaikkan untuk lelang fisik dan konsultan pengawas. Untuk anggaran yang ditentukan pada tahap pertama, target progres dari pertengahan november 2022 bangunan fisik sudah selesai dengan 120 hari kerja.”jelasnya.

Dan untuk tahap kedua, kata James masih ada anggaran untuk pembenahan yang lain-lain seperti pembuatan pagar dan penambahan ruang kelas baru. Karena dalam tahap pertama tersebut masih standar normal dengan menyediakan tiga kelas pada tiga jurusan.

“Jadi pembangunan dua SMK Negeri tersebut ada 2 tahap untuk pembangunan fisiknya. Sekarang konsultan perencana sedang membuat gambar, mereka bekerja kurang lebih 30 hari ke depan,”ucap James.

Baca juga: Cabdis Siantar Siapkan Kuota 10.692 Siswa Baru SMAN/SMKN PPDB 2022-2023

Adapun tujuan penambahan gedung sekolah baru menurut James, adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya.

“Pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Juga meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya,” pungkasnya. (yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: