25 C
Medan
Tuesday, October 26, 2021
spot_img

SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar Juara 3 LKS 2021 Tingkat Provinsi

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Persiapan Jalan Pane, Kota Pematangsiantar, membuktikan sekolah SMK yang berprestasi. Hal tersebut ditunjukkan saat siswanya yang bernama Singgih Hanapi berhasil membawa pulang dan meraih prestasi sebagai juara 3 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jenjang SMK 2021 Tingkat Provinsi Sumatera Utara bidang Motorcycle Repair and Maintenance.

Kepala SMK Swasta Persiapan Edwin TH Simanjuntak M.Pd mengatakan, LKS adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA.

“Sebelum menuju perlombaan ketingkat Provinsi kita melakukan seleksi serta fasilitas yang memadai dengan kerja baik, ahirnya siswa kita berhasil mendapat juara 3 lomba Motorcycle Repair and Maintenance LKS se-Sumut,” katanya, Sabtu (9/10/21).

Baca juga:Punya Utang di Sekolah, Siswa Madrasah Ini Gagal Ikut Jalur Prestasi

Dia menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan mulai 3 hingga 6 Oktober 2021 di Wing Hotel Kualanamu itu merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Provinsi Sumatera Utara yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing, dan akan diikut sertakan pada kompetisi keahlian tingkat nasional.

Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa terbaik dari sekolah atau internal Kegiatan ini untuk mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK yang diadakan setiap tahun dan sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri (DU/DI) serta pemangku kepentingan lainnya

“Pada tahun 2015 SMK Swasta Persiapan pernah menjuarai Kontes Regional Honda tingkat Sumut dan mewakili Sumut ketingkat Nasional dalam hal ini semua biaya ditanggung oleh Astra Motor, “kenang Edwin.

Disamping itu, terang dia, SMK Persiapan Pematangsiantar  juga sudah bekerjasama dengan AHM sejak tahun 2014, sejak itu kita telah mengikuti standart sepeda motor baik fasilitas dan alat-alatnya serta tenaga SDM dibidang jurusan tersebut. Bukan itu saja guru-guru juga setiap tahun dilatih secara rutin oleh AHM.

“Mudah-mudahan ditingkat teknik bisnis sepeda motor ini tetap berprestasi, semoga ini awal dan tahun depan bisa meraih juara 1 baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional. Bukan ini saja pada tahun 2019 sekolah kita ini juga pernah ikut lomba ditingkat Nasional bidang desain grafis teknologi jurusan Multi Media komputer” ujar Edwin.

Lebih lanjut, ucapnya, sebelum anak-anak berangkat mengikuti kompetisi, anak-anak dilatih dan diuji secara internal masing-masing jurusan untuk persiapan mengikuti kompetisi ditingkat Kota, Provinsi dan Nasional. Dengan harapan agar semua jurusan yang ada di SMK Persiapan ini juara ketika bersaing dan berlomba ditingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

Baca juga:100 Siswa SMA Berprestasi di Simalungun Disiapkan Dididik dan Bekerja ke Jerman

“Terima kasih pada guru pembimbing atas segala upayanya dalam membimbing siswa kita. Begitu juga Bapak dan Ibu guru semuanya. Ini merupakan kebaikan dan kebanggaan buat sekolah kita,” ucapnya.

Sementara itu, Singgih Hanapi Siswa SMK Swasta Pesiapan kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) yang meraih juara 3 LKS bidang lomba Motorcycle Repair and Maintenance saat di wawancarai melalui via telepon, Minggu (10/10/21) mengatakan, dirinya sangat merasa bangga bisa dapat juara 3 lomba LKS tahun 2021 ditingkat Prov. Sumut. Selain membanggakan diri sendiri juga bisa membawa harum nama sekolah.

“Sebelum ikut bertanding ditingkat Nasional saya dilatih oleh guru-guru SMK Persiapan, berkat kerja keras sehingga dapat juara,terimakasih buat guru-guru SMK Persiapan dan semakin sukses”. ucap Singgih yang bercita-cita sebagai Mekanik Honda profesional dan memiliki bengkel sendiri. (yetty/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: