22.8 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Reuni Masyarakat Serbelawan, Dalam Ragam Budaya Satu Nusa Satu Bangsa

Simalungun | MISTAR.ID – Sekitar 20 orang para penari terlihat indah, menarik dan sangat memesona. Mereka mengenakan pakaian adat Simalungun, tampil dalam barisan ragam budaya pakaian adat dan topi bulang, menyambut para tamu kegiatan reuni akbar masyarakat Kelurahan Serbelawan.

Acara reunian itu digelar, Sabtu (28/12/19) siang di Jalan Masjid, Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolokbatunanggar, Kabupaten Simalungun.

Diiringi suara gendang dan bunyian alunan dari alat musik tradisional, para penari itu terlihat lincah, padahal usianya rata-rata sudah setengah baya. Para tamu yang hadir bagai terhipnotis, dan refleks ikut manortor bersama.

Kegiatan dengan atraksi seni budaya ini, sudah mentradisi dilakukan masyarakat Kelurahan Serbelawan dalam merangkai persaudaraan, demi persatuan.

Reuni masyarakat Serbelawan ini membawa tema; “Mengenang Masa-masa Indah Serbelawan untuk Kita Rajut Kebersamaan dalam Bingkai Persatuan Sesama Masyarakat Serbelawan dan Sekitarnya Tanpa ada Perbedaan Ras dalam Reuni Akbar”.

Samsu Rizal Siregar, selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan mengatakan, Serbelawan menyimpan sejuta kenangan. Dia juga sangat berharap, agar acara serupa dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

“Diharapkan, acara ini berkelanjutan setiap tahunnya, meskipun ini perdana dan baru pertama kali. Melalui acara ini diharapkan dapat menjaga dan terus menjalin silaturahmi persaudaraan sesama masyarakat Serbelawan,” ujar Samsu ditemui Mistar, Sabtu (28/12/19) siang di sela sela kegiatan.

Ide terbentuknya, pertemuan ini lanjut Samsu diawali dari saling sapa di media sosial (Medsos) Facebook. Kemudian membentuk grup Medsos yang beranggotakan 1.246 orang.

Kemudian, pertemuan dilanjutkan dengan mengundang untuk memersiapkan kegiatan reuni akbar.

“Kami di Serbelawan ini, meskipun berbeda suku agama dan budaya, tapi tetap bersatu. Saling tenggangrasa sejak dulu, setidaknya dengan gagasan yang baik ini dapat diteruskan hingga anak cucu kami di masa depan,” ujar Samsu.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Serbelawan AKP Bambang Priatno, Camat Dolok Batu Nanggar Susilo, mewakili Danramil Simalungun, tokoh masyarakat Serbelawan Brigjen TNI Purn K Sirait, anggota DPRD Simalungun Adianto Pasaribu, Juang Damanik, dan Alboin Samosir.

Acara dimeriahkan tarian tradisional khas Simalungun yang dibawakan murid-murid TK Alfifah Balqis. Acara berlangsung meriah, dan berakhir hingga malam hari.(hm02)

Penulis : Billy Nasution

Editor : Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: