29 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Pardomuan Simanjuntak Pimpin DPD Humatob Simalungun, Dilantik 16 Agustus 

Siantar, MISTAR.ID

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Batak Toba (Humatob) Kabupaten Simalungun, resmi terbentuk. Direncanakan, pelantikan akan dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2020 bertempat di Café Martogi Jalan Bah Bolon Lorong IV, Kelurahan Sigulanggulang, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Sabtu (8/8/20).

“Hasil kesepakatan dalam rapat, pelantikan pengurus akan digelar pada hari Minggu, tanggal 16 Agustus 2020 di Cafe Martogi,” kata Ketua DPD Humatob Kabupaten Simalungun terpilih, Pardomuan Nauli Simanjuntak SH MSI didampingi Sekretaris Lintong Siahaan dan Jhona Nababan serta dewan penasehat Toga Sidabalok, Prof Dr Sanggam Siahaan dan Daulat Sihombing SH MH, serta Ketua Badan Pendiri Humatob, Garogol Butarbutar.

Pardomuan melanjutkan, bahwa Humatob akan tetap bersiteguh pada visi misi menjaga dan melestarikan budaya dan adat istiadat Batak Toba yang berlandaskan pada Dalihan Na Tolu, yakni somba marhulahula, elek marboru dan manat mardongan tubu.

Baca Juga: Diminta Jaga Amanah, 9 Pejabat Eselon III Deli Serdang Dilantik

“Dilengkapi satu lagi, marnat mardongan sahuta. Humatob akan berperan penting dalam hal ini,” kata Pardomuan Simanjuntak.

Setelah pelantikan, pengurus Humatob Simalungun lanjut Pardomuan, akan segera membentuk DPC-DPC Humatob di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun.

“Kita akan melanjutkan program pembentukan kepengurusan DPC Humatob di setiap kecamatan,” katanya.

Baca Juga: Pelantikan Pejabat di Kabupaten Dairi Tegang, Wakil Bupati Protes

Sementara itu, Ketua Badan Pendiri Humatob, Garogol Butarbutar menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pardomuan Simanjuntak yang mampu mengikutsertakan tokoh-tokoh luar biasa dalam kepengurusan Humatob Kabupaten Simalungun.

“Ada tokoh pendidikan, ada pengusaha, ada pengacsra, ada pendeta dan aparat, yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Saya berharap, akan lebih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya, yang dapat diajak bersama-sama dalam menjaga dan melestarikan budaya dan adat istiadat Batak Toba,” kata Garogol Butarbutar.

Garogol menambahkan, usai pelantikan, Badan Pendiri Humatob akan mendelegasikan pelaksanaan Seminar Adat dan Budaya Batak Toba kepada Dewan Penasehat.

Baca Juga: Pelantikan Pejabat Di Malam Hari, KASN : Tidak Lazim Tapi Tidak Ada Larangan

“Kita akan gelar seminar adat istiadat dan budaya Batak Toba, dalam waktu dekat ini,” kata Garogol Butarbutar yang juga menyampaikan agenda pembentukan DPD di Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Samosir.(ril/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: