30 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Pardomuan Nauli Simanjuntak Lantik Pardomuan Situmorang Jadi Ketua DPC Humatob Ujung Padang

Simalungun, MISTAR.ID

Dalam pengembangan organisasi DPD Himpunan Masyarakat Batak Toba (Humatob), Pardomuan Nauli Simanjuntak selaku Ketua Humatob Kabupaten Simalungun, mengembangkan sayap kepengurusan di tingkat DPC Kecamatan Ujung Padang, Jumat(19/6/20), dihadiri Dewan Badan Pendiri Humatob.

Acara dibuka Sekretaris Humatob Simalungun Lintong Siahaan. Dalam rapat ini, Pardomuan Nauli Simanjuntak mengatakan, yang hadir dari DPD Humatob Kabupaten Simalungun yakni, ketua, sekretaris, serta badan pengurus, dan dewan pendiri.

“Kita Batak Toba banyak yang terzolimi, sehingga hadirlah sebuah wadah yang menciptakan komunikasi, informasi dan lainnya untuk kita Batak Toba dengan sebutan Humatob,” jelas Pardomuan.

Salah seorang pendiri Humatob Grogol Kanol Butar-Butar menjelaskan, terbentuknya Humatob punya sejarah yang spesifik di Siantar Simalungun, karena banyak bangso (suku) Batak di dearah-daerah yang ada di Indonesia, akan tetapi tidak bisa bersatu.

Baca Juga:Merasa Difitnah dan Diancam Oknum Ketua Organisasi, Seorang Jurnalis TV Buat Pengaduan ke Polres Batu Bara

“Maka lahirlah Humatob. Awalnya, Humatob bukan Himpunan Masyarakat Batak Toba, akan tetapi Himpunan Pemuda Batak Toba. Akan tetapi karena besarnya antusiasme dari masyarakat Batak Toba, maka ditetapkanlah Humatob (Himpunan Masyarakat Batak Toba),” terang Grogol.

Sementara, Dewan Badan Pendiri Humatob Jayadi Sagala mengatakan, Humatob sudah berdiri di beberapa daerah, dan Humatob memang terkesan sakral. Diharapkan, agar Humatob mengambil peran di pemerintahan dan berjiwa sosial.

Seperti, sambungnya, di Kota Pematangsiantar, Humatob sudah berperan dan berbuat, dan tujuan ke depannya juga Humatob akan membuat seminar nasional. “Pembentukan Humatob sudah ada sejak tahun 2003 hingga saat ini,” sebutnya.

Miduk Panjaitan yang juga badan pendiri menyampaikan, Humatob intinya Batak Toba, dan Batak Toba tidak lepas dari budaya yang saat ini sudah mulai punah. Jadi disini, Humatob hadir untuk membangkitkan kembali tanpa mengurangi makna budaya tersebut.

Masyarakat Batak Toba Kecamatan Ujung Padang, EL Siahaan sangat mendukung dan merindukan adanya organisasi Batak terutama untuk menjaga budaya Batak yang sudah ada dari jaman nenek moyang.

Ketua DPC Humatob Kecamatan Ujung Padang Pardomuan Situmorang mengatakan, sangat merindukan tentang Batak. Dia mengakui dalam membentuk organisasi tidak gampang. Apa lagi pembentukan organisasi Batak terkhususnya Batak Toba.

Dia dan rekan-rekan Batak Toba yang ada di Kecamatan Ujung Padang akan berupaya mengembangkan sayap hingga ke tingkat nagori dan kelurahan yang ada.(rel/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: