23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Ketua Fraksi Nasdem: Hentikan Penanaman Sawit di Bah Butong Sidamanik!

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Simalungun Bernhard Damanik, meminta agar pihak PTPN IV menghentikan sementara aktifitas konversi atau penanaman sawit di areal HGU Kebun Teh Bah Butong, Sidamanik.

Bernhard meminta penghentian tersebut, karena sampai dengan saat ini belum ada kajian-kajian yang diberikan oleh pihak kebun terkait konversi teh ke sawit yang ada di Sidamanik. “Kita minta aktifitas penanaman sawit di Kebun Bah Butong dihentikan sementara,” ucap Bernhard Damanik saat dimintai tanggapannya, Selasa (20/9/22).

Dikatakan Bernhard, dirinya juga mendapatkan informasi bahwa sampai dengan saat ini Pemda belum menerbitkan izin konversi. “Karena kita ketahui, alih fungsi lahan harus ada izin dari Pemerintah Kabupaten Simalungun. Sehingga kita sangat berharap sekali, pihak perkebunan menaati peraturan tersebut,” ucap Bernhard.

Baca Juga:Konversi Teh ke Sawit, DLH Simalungun Panggil Manajer Kebun Sidamanik

Jika penanaman sawit tetap dilakukan, Ketua Fraksi Nasdem itu meminta agar Pemkab Simalungun turun dan menghentikan aktifitas penanaman sawit di Bah Butong. “Saran kita, jika tetap membandal, agar Pemkab turun. Jangan biarkan masyarakat bereaksi memprotes sendiri tanpa ada pemdampingan dari Pemkab Simalungun. Kita minta mereka turun untuk menghentikan aktifitas penanaman sawit” pinta Bernhard Damanik.

“Tugas Pemda itu melindungi rakyatnya, sehingga kalau ada aktifitas yang tidak memiliki izin, yah harus dihentikan, dan pihak kebun diminta menaati peraturan,” tambahnya.

Bernhard juga mengatakan, dirinya secara pribadi dalam waktu dekat akan berkunjung ke pihak manajemen Kebun Bah Butong, untuk mempertanyakan dan meminta penanaman sawit dihentikan sementara, sampai ada izin. “Akan kita minta dihentikan sementara. Dan kalau tidak ada izin, yah jangan ditanam sawit,” tegasnya.(roland/hm15)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: