23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Kadisdik Simalungun Sambut Positif Penghapusan USBN

Simalungun | MISTAR.ID – Perubahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang diganti menjadi Ujian Sekolah (US) mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun.

Kepada Mistar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun Elfiani Sitepu mengatakan, program pergantian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tersebut menjadi Ujian Sekolah (US) diniai merupakan sebuah kebijakan yang baik. Hal tersebut nantinya akan dapat diterapkan dengan baik di Kabupaten Simalungun.

“Untuk program itu menurut saya bagus, karena Sekolah yang tahu bagaimana situasi sekolahnya. Jadi kalau nanti sekolah yang membuat soal ujiannya, kan pasti lebih baik,” ucap Elfiani pada Mistar Rabu (22/01/20) di Kantor Dinas Pendidikan, Pematangraya.

“Kalau terkait apa yang akan diujikan kepada murid, pasti sekolah itu sendiri yang lebih tahu daripada yang lain. Jadi nanti ujian yang diberikan sekolah bisa sesuai dengan apa yang sudah dipelajari di sekolah itu sendiri. Jadi menurut saya itu langkah yang positif,” tambahnya.

Elfiani juga menjelaskan, program tersebut sangat bagus karena pelajaran dan praktek-praktek di setiap sekolah pasti berbeda dengan sokolah lainnya. “Kita memang tahu kurikulum itu satu, akan tetapi setiap sekolah itu beda cara belajarnya. Teori-teori dan praktek antara sekolah satu dan sekolah lain juga berbeda. Jadi ini program yang baik menurut saya” Tutur Elfiani

Terkait kapan program tersebut akan diterapkan di Simalungun, Elfiani mengatakan belum mendapatkan surat edaran dari pemerintah pusat.

“Untuk kapan mulai dilaksanakan, kita belum tahu karena kita sampai sekarang belum dapat surat edaran tentang itu. Kita tunggu saja, dan apapun nanti peraturannya kita akan ikuti,” sebut Elfiani.

Di tempat berbeda ketika dimintai tanggapan nya, salah seorang siswa dari SMPN 1 Pematangraya, Kabupaten Simalungun mengaku senang jika Ujian Nasional ditiadakan. “Ya senanglah bang. Kalau nanti sekolah yang buat soal ujiannya, kan kita sudah biasa. Jadi gak takut lagi kalau mau ujian,” ucap Wahyu, siswa Kelas Dua SMPN 1 Raya.
Reporter: Roland Saragih
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: