25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Dampak Korona, Harga Jahe dan Buah-buahan Terdongkrak Naik

Siantar, MISTAR.ID – Pasca merebaknya virus korona, warga terus berupaya meningkatkan stamina tubuh agar terhindar dari ancaman Covid -19 tersebut. Beberapa bahan komoditi organik seperti jahe merah dan putih dan buah-buahan mulai diburu. Alhasil, akibat tingginya permintaan menyebabkan harga pasaran naik.

Pantauan Mistar di Pasar Horas, Pematangsiantar, kenaikan harga bahan dapur tersebut terjadi dalam sepekan terakhir. Minar boru Ambarita (50) salah seorang pedagang mengaku, jahe merah melonjak dari Rp 40.000 per Kg menjadi Rp 45.000 per Kg. “Itupun jahe merah sudah seminggu ini gak masuk. Kalau jahe putih sekarang Rp 40.000 per Kg padahal seminggu lalu Rp 30.000 per Kg,”ujarnya saat ditemui Mistar, Jumat (13/3/20) siang di Pasar Horas, Jalan Merdeka.

Minar mengaku, sudah mengetahui lonjakan harga terjadi sejak merebaknya virus korona. Beberapa warga membeli jahe untuk minuman penambah stamina.

“Kalau langganan saya biasanya cuma beli jahe 2-3 Kg kini 7 Kg. Kalau saya tanya ke pelanggan katanya supaya fit gak terdampak virus,” ujarnya.

Sementara itu, Rohana boru Harahap (50) pedagang jus buah di Jalan Thamrin, mengatakan, dalam sepekan terakhir harga buah-buahan merangkak naik. Harga buah naga saat ini Rp 30.000 per Kg sebelumnya Rp 18.000 per Kg. “Pokoknya terasa sekali mulai seminggu belakangan ini naik pesat, buah Kuini Rp 24.000 per Kg sebelumnya cuma Rp 15.000 per Kg. Kalau rata rata buah buahan saya rasakan naik sekitar 70 persen dari biasanya kecuali mangga Toba,”ujarnya saat ditemui Mistar.

Stamina Sehat

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan kota Pematangsiantar dr Ronal Saragih menyebutkan, hingga kini belum ada uji laboratorium terkait jahe ampuh mengusir virus korona. Dijelaskannya, konsumsi minuman yang dapat menambah stamina dan daya tahan tubuh termasuk vitamin C dan jahe dapat terhindar dari berbagai jenis virus.

“Virus ini sifatnya menyerang pasien yang tubuhnya lemah, gak fit. Kemudian jahe merah atau putih jelas dapat menambah kebugaran tubuh tentu bisa jadi alternatif menangkal berbagai virus,” ujarnya saat dihubungi Mistar, Jumat (13/3/20) siang.

Ia juga mengingatkan warga agar menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur, tidur cukup, sering mencuci tangan dan makan makanan bergizi.

Dalam bidang pengawasan, pasca ditemukannya orang dalam pengawasan (ODP) terkait virus korona, jajaran Dinas Kesehatan mengintensifkan pengawasan warga dengan melibatkan semua Puskesmas. “Fokus kami semua warga terutama mereka yang baru pulang dari luar negeri. Di sini kami imbau supaya warga pun terbuka ke Dinas Kesehatan, jangan takut supaya kami periksa dan kalau pun terjangkit bisa diatasi secepatnya sebelum menular,” ujarnya.

Reporter : Billy
Editor : Jala

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: